Kenali Penyebab Antibotic Associated Diarrhea


Paraf Informasi - Antibotic Associated Diarrhea merupakan suatu kondisi diare yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik pada pengobatan penyakit. Diare ini biasanya timbul seminggu setelah Anda mengkonsumsi antibiotik tersebut. Penanganan keluhan ini memang berbeda daripada diare pada umumnya. Anda bisa menggunakan probiotik kapsul antibiotic associated diarrhea yang ampuh mengatasi diare tersebut.

Penggunaan antibiotik ini dapat memicu munculnya bakteri C.difficile yang menghasilkan racun penyebab diare. Bakteri ini muncul karena akibat dari terapi antibiotik yang efeknya dapat mengganggu keseimbangan jumlah bakteri baik dan bakteri buruk yang ada pada saluran cerna. Infeksi dari bakteri C.difficile ini dapat mengakibatkan feses cair, demam, mual, kehilangan nafsu makan, dan kram pada bawah perut.



Penyebab Diare Karena Antibiotik
Penyebab utama kondisi diare ini belum  bisa diketahui secara pasti, namun banyak peneliti percaya bahwa diare ini terjadi ketika adanya pengobatan atau terapi menggunakan antibiotik sebagai antibakteri. Penggunaan antibakteri inilah yang akhirnya akan membuat keseimbangan bakteri dalam umum menjadi berubah. Apa saja antibiotik penyebab diare ini, hampir semua antibiotik adalah penyebabnya.

Faktor Pemicu Risiko Diare Karena Antibiotik

Pada anak, risiko munculnya diare ini lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa. Dengan sistem saluran cerna yang masih mengalami perkembangan tentunya lebih rentan terhadap bakteri yang mengganggu proses pencernaan. Anda harus lebih memperhatikan gangguan pencernaan anak supaya sehat dan terhindar dari diare. Adapun faktor pemicu timbulnya antibiotic associated diarrhea secara umum adalah:
  • Penggunaan obat-obatan antibiotik dalam jangka panjang. Apabila Anda atau anak Anda sedang dalam perawatan karena suatu penyakit yang mengharuskan menggunakan antibiotik, hal ini mungkin bisa menyebabkan timbulnya diare.
  • Penggunaan lebih dari satu macam antibiotik. Pada kondisi tertentu mungkin dokter akan memberikan antibiotik dengan jenis yang berbeda pada satu kali resep. Penggunaan dua antibiotik pada waktu yang bersamaan ini juga akan membuat bakteri dalam usus menjadi tidak seimbang sehingga menimbulkan diare.
  • Anda mungkin pernah mengalami antibiotic associated diarrhea sebelumnya. Diare ini dapat berulang ketika Anda kembali mengkonsumsi antibiotik dengan jenis yang sama. Konsultasikan pada dokter untuk bisa mengganti atau menghentikan antibiotik jika kondisi sudah pulih.

0 Response to "Kenali Penyebab Antibotic Associated Diarrhea"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel