Mengapa Wanita Hamil Harus Mengkonsumsi Banyak Kalsium?


Paraf Informasi - Ketika Anda hamil, maka ada begitu banyak kekhawatiran seputar makanan atau suplemen yang akan dikonsumsi. Salah satunya yakni kalsium. Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan umumnya dikaitkan dengan perkembangan tulang, otot, sistem saraf, serta jantung bayi. Ketika tubuh Anda tidak memiliki asupan yang cukup, maka janin atau bayi ini akan mengambil kalsium dari tulang Anda.

Jika demikian, maka ibu hamil yang kekurangan kalsium akan rentan terkena masalah kesehatan seperti osteoporosis. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil agar memperbanyak konsumsi kalsium. Namun mengandalkan kalsium dari makanan tertentu saja tidak cukup. Anda mungkin membutuhkan suplemen kalsium ekstra untuk mencukupi asupan dan menjaga diet Anda tetap terjaga.  

Alasan Untuk Memperbanyak Kalsium Selama Kehamilan

1. Membentuk tulang yang kuat
Tidak bisa dipungkiri jika wanita hamil akan membutuhkan kalsium dua kali lebih banyak dari sebelumnya. Terutama untuk menopang kehidupan bayi yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil membutuhkan kalsium ini untuk menjaga tulangnya tetap kuat selama kehamilan. Selain itu, kalsium ini juga digunakan untuk menopang fungsi tubuh lainnya dan mencegah risiko keropos tulang.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Selain baik untuk tulang dan gigi, ternyata kalsium juga cukup berpengaruh pada kesehatan jantung. Ibu hamil yang memiliki masalah kardiovaskular umumnya membutuhkan kalsium yang cukup untuk menjaga jantung tetap berkontraksi dengan normal. Karena ketika ibu hamil kekurangan kalsium maka kinerja jantung akan menurun dan membuat tubuh kekurangan oksigen yang mengalir bersama darah.

3. Membantu mengatur tekanan darah
Ibu hamil yang memiliki risiko hipertensi juga dianjurkan untuk meningkatkan kebutuhan kalsium selama kehamilan. Karena masalah tekanan darah ini dapat berpengaruh buruk bagi calon bayi dan juga ibunya. Umumnya wanita berusia 19-50 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium sebanyak 1000 mg per hari. Sementara ibu hamil (dan juga menyusui) dianjurkan antara 1200-1400 mg.

4. Menangani kondisi tertentu selama kehamilan
Ibu yang hamil umumnya memiliki kebiasaan yang aneh dan tidak dapat diprediksi. Seperti keinginan untuk makan sesuatu pada hari ini, kemudian tidak nafsu makan di hari berikutnya. Apalagi jika disertai gejala mual yang membuat mereka kehilangan nafsu makan dan asupan kalsium yang cukup. Untuk itu cobalah mencari suplemen pengganti atau mengatasinya dengan obat domperidone. Untuk info lanjut silakan cek https://www.goapotik.com/promo/domperidone.

0 Response to "Mengapa Wanita Hamil Harus Mengkonsumsi Banyak Kalsium?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel