Tuesday, April 16, 2019

Mengenal Sosok Tere Liye dan Karyanya yang Selalu Best Seler


Paraf Informasi - Siapa yang tak kenal dengan Tere Liye? Sosok satu ini memang fenomenal sebagai seorang penulis. Berjuta rangkaian kata telah dia tuangkan dalam puluhan buku. Mungkin, salah satunya telah Anda baca dan membikin hati tersentuh. Yuk, kenali Tere Liye lebih dalam!

Nama asli Tere Liye ialah Darwis, ia lahir pada 21 Mei 1979 dari keluarga sederhana di sebuah pedalaman Pulau Sumatera. Orang tuanya adalah petani biasa, namun Tere mampu menyelesaikan pendidikan formal dengan baik. Dia kemudian melanjutkan studi S-1 ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Meski diketahui bekerja sebagai akuntan, namun Tere Liye yang memiliki nama asli Darwis ini lebih tersohor sebagai penulis. Karyanya tak lekang oleh zaman, sehingga pecinta literatur Indonesia patut menasbihkan Tere Liye sebagai salah satu sastrawan kebanggaan Tanah Air.

3 Karya Best Seller Tere Liye yang Tak Boleh Dilewatkan
Kemampuan Tere Liye dalam menuliskan untaian kata di bukunya, tak perlu diragukan lagi. Beberapa karya miliknya pun, patut Anda baca karena cukup berpengaruh. Agar tidak penasaran, simak sejumlah daftar buku Tere liye secara rinci di bawah ini:

1. Negeri Para Bedebah
Negeri Para Bedebah terbit tahun 2012 dengan isi 440 halaman, menceritakan soal konflik tokoh yang terjadi dalam waktu kurang dari 3 hari. Karakter utama bernama Thomas, seorang konsultan keuangan terkemuka. Jalan petualangan amat seru dan menegangkan.

Thomas berpetualang dengan penuh keberanian lewat kecerdikan tingkat tinggi. Ia mesti bertahan dari berbagai macam rintangan yang menghalau. Salah satu karya Tere Liye yang patut diperhitungkan bagi yang menyukai kisah perjalanan yang dipenuhi intrik menegangkan.
loading...

2. Rembulan Tenggelam di Wajahmu
Serupa tapi tak sama, Rembulan Tenggelam di Wajahmu turut menceritakan sosok bernama Ray yang menempuh alur kehidupan nan menurun hingga menanjak tajam. Lika-liku petualangan tokoh utama tersebut, patut Anda simak lewat buku yang satu ini.

Rembulan Tenggelam di Wajahmu terbit pada tahun 2009 dengan tebal mecapai 427 halaman. Meski memiliki kisah yang cukup panjang, namun Anda dijamin akan larut dan terbawa suasana. Banyak kandungan nilai kehidupan yang dituangkan oleh Tere Liye lewat literatur tersebut.

3. Bidadari-bidadari Surga

Bidadari-bidadari Surga mengisahkan perjuangan gadis bernama Laisa, anak sulung dengan 4 orang adik, yaitu Dalimunthe, Ikanuri, Wibisna dan Yashinta. Meski Laisa bukan anak kandung Mamak Lainuri, ibu keempat adiknya, ia menjadi sosok yang begitu menyayangi keluarga.

Laisa digambarkan sebagai sosok perempuan yang terlahir buruk rupa dan tak mendapatkan pendamping hidup sampai akhir hayatnya tiba. Tak hanya itu, Laisa diketahui menderita penyakit kanker paru-paru. Kisah dalam Bidadari-bidadari Surga cukup menyentuh hati.

***

Tak hanya tiga daftar di atas, masih banyak karya lainnya dari Tere Liye yang patut Anda simak. Meski begitu, di balik buku yang ditulis, Tere Liye kerap kali terlibat dalam sebuah kontroversi terkait sifatnya dalam memandang kehidupan. Simak sebagai berikut.

Kontroversi Tere Liye Terkait Pandangan Hidup
Suatu kali, Tere Liye mengunggah ungkapan kekesalannya di akun Facebook miliknya. Tere Liye menyebut tidak terima jika orang-orang memakai quotes dari buku miliknya untuk caption foto selfie di Instagram. Hal ini menimbulkan pro dan kontra di ranah warganet.

Tak hanya itu. Tere Liye juga pernah mengungkapkan bahwa ia tidak ingin lagi menerbitkan karyanya melalui dua penerbit yang efektif per 31 Juli 2017 lalu. Bahkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani sampai ikut turun tangan untuk memberikan sosialisasi mengenai perhitungan pajak profesi khusus untuk penulis.

Beberapa kontroversi lain juga sempat terjadi. Namun terlepas dari hal-hal tersebut, Tere Liye tetaplah dikenal sebagai penulis terkenal dengan bakat yang mumpuni. Sudahkah Anda membaca karya-karya miliknya?


EmoticonEmoticon