Sunday, April 14, 2019

Bayi Tumbuh Gigi? Ini yang Harus Ibu Lakukan


Bayi tumbuh gigi adalah salah satu momen yang bisa jadi ditunggu oleh Anda para orang tua. Sekaligus bisa jadi momen yang membuat Anda khawatir karena si bayi akan rewel bahkan hingga demam selama masa-masa ini.

Gigi mulai tumbuh pada bayi saat berusia 6 bulan. Biasanya yang tumbuh pertama kali adalah dua gigi bawah paling depan, kemudian dua gigi atas paling depan. Secara bertahap, gigi-gigi lain akan menyusul dan semua gigi akan lengkap tumbuh ketika anak Anda berusia 3 tahun.

Tanda-Tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh
Untuk para orang tua, sebaiknya mengenali beberapa tanda-tanda bayi tumbuh gigi berikut ini:
  • Rewel dan sulit ditenangkan
  • Suka menggigit sesuatu
  • Sulit tidur
  • Ngiler
  • Suhu badan naik
  • Kurang mau minum susu
  • Sering minta digendong
  • Gusi bengkak

Jika anak Anda berusia 6 bulan dan mengalami tanda-tanda serupa, kemungkinan besar bayi Anda sedang dalam masa tumbuh gigi. Tanda-tanda tersebut dialami oleh hampir sebagian besar bayi meskipun tidak semuanya. Bisa jadi bayi Anda baik-baik saja dan tidak mengalami tanda-tanda tersebut selama tumbuh gigi. Itu adalah hal yang tidak perlu Anda khawatirkan.

Lakukan Ini Saat Gigi Bayi Mulai Tumbuh
Nah, jika sudah mulai muncul tanda-tanda tersebut, Anda sebaiknya tahu harus melakukan apa untuk buah hati Anda. Bantu dia melewati momen ini dengan baik. Jangan ikut panik, coba lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Berikan teether
Teether adalah mainan yang dirancang khusus untuk bayi yang sedang tumbuh gigi. Mudah digenggam dan aman digigit-gigit. Beberapa teether bisa didinginkan terlebih dulu pada lemari pendingin. Teether yang dingin bisa meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pada gusi bayi. Namun Anda tidak disarankan untuk memasukkan teether ke dalam freezer.

Demi menjaga kebersihan teether, Anda perlu membersihkannya setipa habis dipakai dan simpan di tempat yang bersih.

2. Berikan cemilan sehat
Jika Anda masih khawatir dengan keamanan teether, Anda bisa memberikan camilan sehat untuk bayi Anda. Anda bisa memberikan potongan wortel, apel, atau biskuit khusus bayi tumbuh gigi. Hindari cemilan yang mengandung gula seperti permen dan coklat agar bayi Anda terhindardari kerusakan gigi. Jangan lupa untuk mendampingi bayi Anda selama mengonsumsi cemilan ini agar tidak tersedak.

3. Usap gusi bayi
Anda juga bisa mengusap gusi bayi dengan menggunakan jari untuk membuatnya merasa lebih nyaman. Namun pastikan dulu kebersihan jari Anda sebelum mengusap gusi bayi. Jangan sampai Anda memasukkan jari yang kotor dan belum dicuci ke dalam mulut bayi.

4. Berikan punggung jari tangan
Jika Anda dalam kondisi darurat, seperti anak rewel ketika diajak ke suatu acara dan tidak ada sesuatu yang bisa digigit, berikan punggung jari tangan Anda untuk digigit si kecil. Jangan memberikan ujung jari karena kuku Anda tidak terjamin kebersihannya.

5. Konsultasikan ke dokter
Jika nyeri atau demam pada bayi tumbuh gigi tidak kunjung reda, Anda sebaiknya konsultasikan hal ini kepada dokter. Kemungkinan dokter akan memberikan obat pereda nyeri dalam dosis kecil. Anda juga tidak disarankan memberikan obat-obatan yang dijual bebas tanpa saran dari dokter.

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan para orang tua jika sedang mengalami momen bayi tumbuh gigi. Momen ini bisa jadi momen yang melelahkan. Tapi demi perkembangan buah hati Anda, tentu Anda akan rela melakukan apapun bahkan jika harus kehilangan jam istirahat Anda.


EmoticonEmoticon