Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Sekolah (SD)


Paraf Informasi - Memilih sekolah untuk anak Anda yang berumur SD, tentu bukanlah pilihan mudah. Butuh sejumlah pertimbangan dan aspek-aspek tertentu yang mesti diusung agar tidak salah memilih. Terlebih, jangka waktu sekolah dasar adalah 6 tahun—lebih lama dari jangka pendidikan lain.

Sebagai orang tua, harapan agar anak dapat menjadi pribadi yang cerdas baik secara intelektual maupun emosional harus dipikirkan sejak awal. Maka dari itu, memilih sekolah dasar harus dilakukan secara matang dan tidak boleh asal-asalan.

Berbicara soal sekolah, lembaga pendidikan formal ini merupakan salah satu tempat dengan peran penting buat pertumbuhan anak. Ketika orang tua mengembangkan anak dalam lingkup sosialisasi primer, maka sekolah adalah tempat buah hati Anda belajar banyak hal.

Si Kecil butuh belajar banyak sebagai upaya merespons kehidupan di luar dirinya. Tak hanya rumah, namun sekolah dapat memberikan dia gerbang menuju banyak hal terkait wawasan. Ilmu dari guru akan semakin sempurna dengan lingkup sosialisasi lewat pertemanan sekelas.

Berangkat dari hal tersebut, maka Anda harus jeli dalam memilih lembaga formal SD untuk anak. Agar upaya tersebut dapat diwujudkan, berikut hal-hal ynag perlu diperhatikan sebelum memilih sekolah SD:

1. Melihat Kualitas Sekolah
Pertama-tama, perhatikan kualitas sekolah tersebut. Sebisa mungkin, pilihlah sekolah dengan kualitas mumpuni baik dari segi kurikulum, kegiatan pembelajaran hingga tenaga pengajar. Semakin bagus, semakin terbentuk pula karakter anak Anda sejak dini.

Pilih sekolah yang tertib dan teratur, mengingat lingkungan sekitar turut mempengaruhi proses Kegiatan Belajar Mengajar. Jika faktor ini kurang mendukung, maka tak heran kalau konsentrasi belajar Si Kecil terganggu dan dia tak dapat berkembang secara maksimal.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang beberapa referensi sekolah untuk anak Anda. Informasi tersebut bisa diperoleh lewat internet, koran, brosur, atau mulut ke mulut. Jika sudah mantap, maka saatnya beranjak ke faktor lain.

2. Biaya Pendidikan Selama 6 Tahun
Penting bagi Anda untuk memperhitungkan biaya sekolah sejak awal. Bahka kalau bisa, buatlah rincian sejak anak duduk di kelas 1 sampai kelas 6. Pelajari biaya-biaya ekstra untuk kegiatan tambahan di luar sekolah karena hal ini juga sama pentingnya.

Perlu dipahami bahwa Anda dan pasangan sebagai orang tua juga harus memikirkan perekonomian keluarga sehari-hari. Tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan sehari-hari bisa amat krusial, apalagi jika Anda butuh biaya tak terduga untuk menghadapi masalah tertentu.

Meski biaya berbanding lurus dengan kualitas, namun tak semua sekolah menerapkan hal serupa. Masih ada lembaga formal yang menaruh biaya terjangkau namun tetap mampu memberikan kualitas mumpuni. Intinya, hitung pembiayaan secara rinci.

3. Lokasi Sekolah Berada
Jika sudah memikirkan dua hal di atas, Anda perlu mempertimbangkan lokasi sekolah berada. Lihat, apakah jaraknya jauh dari rumah? Apakah mudah diakses? Semakin dekat, tentu semakin memudahkan anak Anda. Dia pun bisa berangkat dan pulang sendiri kelak.

Amati pula keadaan sekitar, apakah lokasi sekolah tersebut kondusif dan tak mengganggu kenyamanan anak? Akan lebih bagus lagi jika Anda melakukan survey dan mengajak Si Kecil ikut terlibat menentukan bagus atau tidaknya sekolah tersebut.

Demikian tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sekolah, khususnya SD. Pilihlah opsi paling bijak, baik dari aspek fleksibilitas hingga kualitas. Tak lupa, libatkan pula anak Anda pada berbagai macam kegiatan positif lainnya di luar sekolah agar lebih seimbang. Semoga berhasil!

0 Response to "Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Sekolah (SD)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel