Friday, March 15, 2019

Duel Motor Matic Premium: Yamaha NMAX vs Honda PCX Mana Lebih Unggul?


Paraf Informasi - Kini, orang Indonesia banyak yang memilih untuk membeli motor matic dibandingkan dengan motor bebek atau motor sport. Bagaimana tidak, motor matic biasanya hadir dengan harga yang murah dan juga leih nyaman digunakan.

Terutama di kota yang kerap kali macet, motor matic adalah suatu pilihan yang sangat nyaman untuk digunakan. Alhasil, motor matic semakin menguasai pasar motor di Indonesia. 

Seiring perkembangan zaman, motor matic juga mengalami kemajuan dan perubahan. Pada mulanya, pasar motor matic dikuasai oleh dua jenis motor yaitu Yamaha Mio dan Honda Beat. Dua jenis motor ini adalah motor yang paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia.

Namun kini, pasar yang semakin berkembang dengan cepat adalah motor matic premium. Motor matic premium ini menawarkan berbagai fitur yang lebih canggih dan berkelas daripada motor matic biasa seperti Yamaha Mio atau Honda Beat. Ia hadir dengan body lebih besar, jok lebih nyaman, material yang lebih baik, sampai teknologi yang lebih canggih.

Kini, ada dua jenis motor yang merajai pasar matic premium. Yaitu, Yamaha NMAX dan Honda PCX.

Dengan segala kelebihan tersebut, motor matic premium tentu menjadi lebih unggul dari berbagai sisi untuk para pengendaranya. Dan tidak sedikit orang yang rela membayar lebih untuk menjajal motor tersebut. Karena memang matic premium lebih kencang, lebih nyaman, dan lebih enak untuk dikendarai.

Tapi, mana motor yang lebih baik? Yamaha NMAX atau Honda PCX? Berikut adalah rinciannya.

Mesin dan Performa
Dari segi mesin dan performa, Yamaha NMAX memiliki mesin otomatis 155 cc, 4 langkah, SOHC, memiliki pendingin cairan, fuel injection, dan blue core. Sementara Honda PCX dilengkapi dengan mesin otomatis 150 cc, 4 langkah, SOHC, PGM-FI, memiliki pendingin cairan, eSP.

Kelengkapan Fitur
Honda PCX bisa dibilang memiliki fitur yang lebih komplit dibandingkan dengan Yamaha NMAX, padahal mereka dibanderol dengan harga yang relatif sama. PCX memiliki smart key system sementara NMAX tidak. Fitur ini sendiri memungkinkan pemilik PCX untuk tidak memakai lagi kunci, melainkan remote control. Bahkan fitur ini juga bisa diintegrasikan dengan fitur lainnya seperti immobilizer, dan anti-theft alarm. Bahkan Honda PCX memiliki soket untuk pengisian baterai handphone. Sehingga pengendara tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai handphone.


PCX dilengkapi dengan LED Headlight & Taillight, Full digital panel meter, Smart Key System, ABS, dan rem cakram untuk ban depan dan belakang. Sementara NMAX dilengkapi dengan LED Headlight & Taillight, Digital Panel Meter, Sub-tank Suspension, ABS, dan rem cakram untuk ban depan dan belakang. 
loading...

Tampilan dan Desain
Tampilan memanglah perkara yang subjektif, tapi memang keduanya punya kelebihan masing-masing. NMAX memiliki desain dan lekukan yang tajam, sehingga membuatnya terlihat lebih sporty. Sebaliknya, PCX memiliki bentuk dan alur body yang elegan sehingga terlihat lebih mewah. 

Dimensi
Dimensi motor yang dimiliki oleh NMAX dan PCX hampir mirip. Dimensi panjang x lebar x tinggi dari NMAX adalah 1,9 x 0,7 x 1,1 meter. Sementara PCX juga memiliki dimensi yang serupa persis. Jarak ke tanah, PCX sedikit lebih tinggi daripada NMAX, yaitu 13,7 cm dibandingkan NMAX yang 13,5 cm. Dan untuk kapasitas tangki, PCX memiliki tangki yang lebih besar yaitu 8 liter sementara NMAX hanya memiliki tangki dengan kapasitas 6,6 liter.

Itulah keunggulan dan kekurangan dari Honda PCX vs Yamaha NMAX. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari kita sebelum menentukan pilihan. Jadi kamu pilih mana?


EmoticonEmoticon