Thursday, January 31, 2019

Kenali 5 Makanan Penyebab Bau Badan yang Umum Dikonsumsi

Source: Caraa dot ID
Paraf Informasi - Menjadi good looking tentunya menjadi impian semua orang. Hal mana pertama kali yang paling diperhatikan ialah tampilan fisik, yaitu pakaian, aksesoris, dan style rambut. Namun dibalik itu, aroma badan turut menunjang penampilan prima seseorang. Bayangkan saja apabila ada seseorang yang berpawakan dan penampilan menawan tetapi berbau badan tak sedap, itu akan sangat menganggu peformanya.

Setiap orang yang ingin tampil prima, penting kiranya tidak mengabaikan faktor bau badan. Hal mana bau badan tersebut sadar atau tidak sadar diakibatkan karena ulah kita sendiri. Salah satu faktor yang menyebabkan bau badan kira terasa tidak sedap adalah apa yang kita makan.

Makanan penyebab bau badan terbilang beragam. Mulai dari sayur-mayur, daging-dagingan, bahkan juga apa yang kita minum. Nah, bagi kita yang ingin berpenampilan good looking secara prima, hati-hati saat mengkonsumsi makanan-makanan di bawah ini.

1. Si Kembar Bawang
Bawang merah dan juga bawang putih ternyata dapat menjadi satu penyebab timbulnya bau badan. Padahal, kita tahu hampir semua masakan terdapat bawang putih dan bawang merah sebagai bumbu utamanya. 

Si kembar bawang ini bisa memunculkan bau badan tidak sedap dikarenakan di dalam bawang terdapat senyawa bau (zat volatile sulfurous) yang kemudian dipecah ketika masuk ke dalam sistem pencernaan kita. Senyawa bau akan dikeluarkan lewat keringat, urine, dan nafas. Sebaiknya kita jangan terlalu banyak menyertakan bawang pada masakan, agar tidak menimbulkan bau pada badan.

2. Sayuran Brokoli
List kedua makanan yang bisa menyebabkan bau tak sedap pada badan adalah brokoli. Hal ini karena brokoli merupakan sayuran yang termasuk dalam family cruciferous. Hal mana sayuran tersebut mengandung senyawa sulfur yang ketika larut ke dalam pencernaan, akan diproses sebagaimana bawang putih dan bawang merah. 

Kandungan yang ada pada brokoli akan dipecah menjadi senyawa bau yang kemudian dikeluarkan melalui nafas, urine dan juga keringat. Akibatnya, ketika kita usai melakukan kegiatan atau aktifitas yang berat dan berkeringat, bau badan itu akan sedikit menyengat ditkitai dengan ketiak yang lengket.

3. Makanan yang Mengandung Kari
List ketiga yaitu makanan yang mengandung kari. Makanan yang satu ini memiliki tekstur kuah kental dan juga rasa pedas yang menggugah selera. Namun sayangnya, aroma kari yang kita konsumsi akan sulit hilang meski sudah gosok gigi. Tidak cukup sampai disitu, ketika tubuh kita berkeringat sesudah makan kari, bau-bau yang kurang sedang akan keluar dari keringat-keringat tersebut. Nah, sebaiknya jika kita hendak menghadiri acara penting, mungkin makanan satu ini perlu dikurangi atau bahkan dihindari.

4. Daging merah
List keempat diisi oleh makanan dari dading. Perlu diketahui bersama daging merah merupakan makanan yang sulit dicerna oleh usus manusia. Saat mengkonsumsinya, dibutuhkan waktu lama bagi tubuh guna mencerna daging tersebut. Dampaknya, terdapat zat yang masih tersisa dalam usus berupa kotoran sisa makanan. Zat inilah yang dimungkinkan menimbulkan keluarnya bau keringat tidak sedap pada tubuh kita. Jadi, untuk peforma, perlu mengatur porsi makanan yang berasal dari daging merah.

5. Alkohol
List kelima dinominasi oleh jenis minuman. Perlu diketahui, sebagian besar alkohol akan diproses oleh organ hati manusia. Akan tetapi, sekitar 10 persen akan diekskresikan lewat keringat, nafas dan juga urin. Alkohol bisa menjadikan seseorang berkeringat lebih banyak. Minuman yang mengandung kafein juga bisa menjadi salah satu penyebab bau badan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai makanan penyebab bau badan yang seringkali dikonsumsi tanpa kita sadari. Sejatinya tidak ada yang salah dengan makanan-makanan lezat tersebut, hanya saja guna menunjang perfeksionis kita, perlu kiranya kita berhati-hati terhadap apapun yang bisa menganggu.


EmoticonEmoticon