Jangan Sampai Keliru! Yuk Kenali 4 Permainan Anak Perempuan Yang Edukatif

Paraf Informasi - Sadarkah kita, bahwa permainan bukan sekedar hiburan disaat penat. Banyak peneliti dan ahli mengungkapkan bahwa permainan merupakan salah satu faktor penunjang kecerdasan anak di masa mendatang. Jika mengacuh pada teori Bloom, permainan akan membantu meningkatkan kecerdasan anak pada aspek psikomotorik, kinestetik, atau kognitif.

Usia anak-anak merupakan usia yang krusial, hal mana apabila tidak dimanfaatkan dengan maksimal dalam rangka memberikan stimulus, maka akan sangat rugi. Nah, permainan bisa dijadikan salah satu alternatif dalam memberikan stimulus kecerdasan kepada anak-anak. Utamanya anak perempuan yang notabenenya perlu penguatan mental dan sosial.

Permainan anak perempuan
perlu kita munculkan kembali. Mengingat saat ini permainan-permainan yang dahulu ada mulai sirna ditelan gadget dan teknologi. Banyak permainan-permainan yang kini hanya mengutamakan kesenangan tanpa mengedepankan kebermanfaatan lainnya.

Untuk itu, kali ini kami akan memberikan review tentang permainan-permainan anak perempuan yang masih cocok dan bisa dijalankan. Apa saja permainan itu? Yukk simak penjabaran di bawah ini:

1. Lompat Tali
 
Lompat tali merupakan permainan yang memanfaatkan tali sebagai media, hal mana tali tersebut merupakan rangkaian dari gelang karet. Umumnya permainan ini dimainkan minimal oleh 3 orang, di mana 2 orang akan menjadi pemegang, dan 1 orang menjadi pemeran utama. Permainan ini memiliki beberapa bentuk, ada yang berpola memutar tali dan pemeran harus lolos, atau pemeran melompati tali yang sedikit demi sedikit mulai ditinggikan.

Melalui permainan ini, anak-anak akan mengalami pengingkatan pada aspek psikomotorik (gerak tubuh). Dan disaat sang anak mulai berpikir bagaimana bisa melewati tali itu dengan mudah, secara tidak langsung turut mengasah kognitif (akal).

2. Bola Bekel
 
Seperti yang kita ketahui bersama, anak laki-laki bermain bola dengan kaki mereka, pun perempuan juga sangat suka bermain bola. Bedanya, anak perempuan memainkan bola dengan tangannya. Permainan ini disebut bola bekel.

Cara memainkan permainan bola bekel susah-susah-gampang. Bola karet dilemparkan ke udara, dan hanya diberikan sekali pantul biji-biji kuningan (kecik) sudah harus didapatkan sesuai urutannya. Permainan ini bertahap, dimulai dari mengambil kecik, menyebar, dan membalik kecik sesuai tahapannya. Melalui permainan ini, psikomotorik anak akan terasah.

3. Engklek
 
Permainan satu ini merupakan favorit saya. Masih ingat betul tiap pulang ngaji sore selalu memainkan Engklek ini, kalau di kampungku namanya Sudamanda. Permainan ini tak perlu biaya, cukup area permainan yang datar dan batu atau pecahan genting sebagai alat untuk membuat garis bentuk. Bentuknya pun beragam, ada yang segi enam dan ada pula yang berbentuk robot.

Cara memainkannya, setelah arena telah digambar bergaris, dilakukan pengundian siapa pemain yang akan memulai duluan. Sesudah undian, pemain yang bendapatkan giliran bisa melempar pecahan genting pada kotak-kotak Engklek. Permainan dilanjutkan dengan melangkah melewati kotak-kotak tersebut dengan satu kaki dan diakhiri dengan mengambil pecahan genteng dengan jarak satu kotak. 

Siapa yang kakinya melewati atau menyentuh garis dianggap gugur. Selain menyenangkan, permainan ini bisa mengasah kecerdasan kinestetik dan psikomotorik.

4. Masak-masakan
 
Nah, untuk permainan yang satu ini memang benar-benar maskulin bagi anak-anak perempuan. Permainan ini berbekal miniatur peralatan dan perlengkapan memasak yang bisa digabung dan dipadukan. 

Selain kreatif, permainan semacam ini juga mengasah kecerdasan kognitif anak. Dari permainan ini, seringkali muncul rasa penasaran anak tentang memasak sungguhan dan resep. Di sini respon orang tua diperlukan untuk mengarahkan anak agar semakin tahu tentang dunia kuliner.

Demikianlah ulasan dan pandangan seputar permainan anak perempuan yang mengandung unsur-unsur edukatif. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jangan Sampai Keliru! Yuk Kenali 4 Permainan Anak Perempuan Yang Edukatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel