Sunday, December 30, 2018

4 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Guna Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin


Paraf Informasi - Anak yang cerdas dan sehat merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Banyak yang mengira kecerdasan anak ditentukan oleh faktor keturunan. Padahal kecerdasan pada anak bisa dihasilkan dengan pemberian nutrisi di awal kehamilan. 

Pertumbuhan janin saat awal kehamilan perlu mendapat perhatian agar janin tumbuh dan berkembang dengan optimal. Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tahapan pertumbuhan sang bayi yang berada dalam kandungan. 

Hal-hal yang bisa ibu hamil lakukan untuk meningkatan kecerdasan pada otak janin selain pemberian nutrisi, bunda juga dapat melakukan dengan membaca buku, mendengarkan instrumen musik, berolahraga ringan, bisa memberikan dampak yang baik untuk janin. Nah, berikut 4 hal yang membuat anak terlahir cerdas dan sehat. 

1. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas membaca.
Pada saat janin memasuki trimester ketiga, janin sudah mulai mengenali suara. Bunda bisa membacakan buku dongeng sambil mengusap-usap perut dengan lembut untuk sang buah hati di dalam kandungan. 

Janin yang terbiasa dibacakan buku saat masih dalam kandungan akan lebih hafal suara ibunya. Selain itu, membacakan buku sambil mengusap lembut perut ibu bisa menambah ikatan (bonding) orang tua kepada janin dalam kandungan. Sang ayah juga bisa melakukan sentuhan lembut pada perut ibu. Jadi tak ada salahnya untuk membacakan buku pada buah hati. 

2. Olahraga ringan
Ibu hamil yang rajin olahraga akan melahirkan bayi sehat dan cerdas. Studi menunjukkan bahwa ibu hamil yang rutin berolahraga maka plasenta dalam kandungan akan berkembang dengan baik sehingga mampu memberikan lebih banyak asupan nutrisi dan kalori pada janin. 

Olahraga pada ibu hamil menurunkan resiko berat bayi lahir rendah. Selain pada bayi, olahraga akan membuat badan ibu hamil menjadi lebih sehat dan fit. Proses persalinan yang cukup berat bisa lebih ringan apabila sejak masa kehamilan sudah rutin berolahraga. Tubuh yang bugar juga mampu menghindarkan ibu hamil dari stress yang bisa berdampak buruk pada bayi. 

3. Mendengarkan musik
Janin di dalam kandungan mampu merespon suara dari luar. Memperdengarkan musik pada bayi saat dalam kandungan bisa membantu perkembangan kemampuan belajar dan berperilakunya ketika dewasa. Musik juga akan membantu indera pendengaran bayi yang baik untuk mental bayi. 

4. Memilih asupan makanan yang tepat

Pemenuhan gizi pada ibu hamil adalah hal terpenting saat masa kehamilan. Gizi yang seimbang mengurangi resiko kesehatan pada ibu dan janin dalam kandungan. Ibu hamil memerlukan kalori yang cukup untuk perkembangan janin didapatkan dari sumber karbohidrat . Protein sebagai zat pembangun bisa diperoleh dari daging, ikan, telur, maupun kacang-kacangan. 

Kebutuhan zat besi pada ibu hamil juga harus diperhatikan untuk pembentukan sel darah merah, agar terhindar dari anemia. Zat besi diperoleh dari daging, ikan, dan hati. Ibu hamil juga membutuhkan asam folat untuk mencegah bayi terlahir cacat pada otak dan tulang belakang. Asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan. Ibu hamil yang kekurangan gizi dapat mengakibatkan terjadinya keguguran maupun bayi lahir prematur. Jadi jangan mengabaikan pemilihan asupan nutrisi makanan yang tepat untuk ibu hamil. 

Itulah berbagai aktivitas yang dapat ibu hamil lakukan agar terlahir generasi yang sehat dan cerdas. Selain 4 poin di atas, ibu hamil juga perlu memperhatikan anjuran untuk tidak melakukan program diet selama kehamilan, meminum alkohol, dan obat-obatan tanpa konsultasi pada dokter. Pertumbuhan janin hingga terlahirnya ke dunia adalah momen yang dinantikan oleh calon ayah dan ibu.  Pastikan semua persiapan telah optimal, bunda.


EmoticonEmoticon