Thursday, November 1, 2018

Tips Merawat Body Paint Mobil Kesayangan Anda


Paraf Informasi - Memiliki sebuah mobil kesayangan yang bertenaga dan nyaman untuk digunakan sehari-hari adalah sebuah kebanggaan tersendiri untuk sebagian orang. Bukan hanya soal power saja, namun juga dari segi penampilan mobil itu sendiri. Mulai dari interior dan eksterior nya harus benar-benar menarik dan sesuai dengan karakter kita.

Berbicara soal penampilan eksterior mobil kesayangan kita, tentu tidak akan lepas jauh dari yang namanya body paint alias cat mobil. Apalagi buat kalian yang memiliki sebuah mobil keluaran Auto2000 seperti Toyota New Yaris dengan warna yang sangat menarik tentu tidak akan membiarkan warna cat rusak karena hal sepele bukan. 


Namun apa jadinya jika ternyata mobil kesayangan kita body paint nya ada cacat karena goresan kecil? Tentu sangat disayangkan bukan? Yak mau tidak mau kalian harus segera membawa mobil kesayangan kalian ke body paint service yang memiliki reputasi dan kualitas baik seperti di dealer Auto2000 Body Paint Cibiru Bandung.

Nah kalau kalian sudah menentukan body paint service andalan, ada baiknya kalian mengetahui beberapa jenis cat yang akan kalian terapkan nantinya. Pada dasarnya ada tiga jenis cat yang digunakan untuk body paint yaitu Cat Stoving, Cat Lacquer dan Cat Urethane. 

Untuk cat stoving sendiri bisa kalian jadikan pilihan ketika repaint area mobil kesayangan kalian cukup luas. Pada dasarnya cat stoving mewajibkan penggunaan oven, dimana hasilnya akan tahan lama dan tidak mudah tergores. Ya walaupun harga dari cat stoving sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan cat lain, namun akan sebanding dengan hasil yang akan kalian dapatkan. Tentu saja kalian bisa mendapatkan jenis cat ini di dealer Auto2000 Body Paint Cibiru Bandung.

Kemudian bagi kalian yang hanya membutuhkan repaint pada area yang sedikit atau kecil karena sebuah goresan di mobil, kalian bisa memilih cat jenis lacquer. Cat ini bisa kalian jadikan pilihan karena harganya yang jauh lebih murah dan memiliki ketahanan warna sekiar 2 tahun lamanya.

Jenis cat yang terakhir yaitu cat urethane. Cat urethane sendiri memiliki harga yang juga lebih murah jika dibandingkan dengan cat stoving. Tentu ini akan sangat membantu kondisi kantong kalian ketika berada di posisi menunggu gajian atau menghemat saldo tabungan. Namun perlu diperhatikan kembali dengan kualitas dari cat urethane sendiri. Sebanding dengan harga yang harus kalian bayar, cat urethane memiliki ketahanan terhadap goresan yang lebih buruk dibandingkan dengan jenis cat stoving. Maka dari itu, setelah repaint dengan cat ini, kalian harus sedikit hati-hati mengendarai mobil di jalanan agar terhindar dari goresan kembali.

Nah, yang tidak kalah penting dari jenis cat yang digunakan adalah beberapa komponen pendukung dari cat itu sendiri yaitu thiner, hardener dan juga lapisan anti gores alias clear. Untuk urusan yang ini kalian harus benar-benar teliti dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas body repaint di dealer Auto2000 Body Repaint Cibiru Bandung untuk memilih beberapa merk dengan kualitas terbaik.

Tips Merawat Body Paint Mobil Kesayangan
Merawat body paint sendiri tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Selain dengan melakukan perawatan rutin seperti penggunaan shampo mobil pada saat memandikan mobil kalian, perawatan body paint juga bisa kalian lakukan dengan melihat beberapa jenis kerusakan cat itu sendiri. Beberapa tips berikut ini bisa kalian jadikan acuan untuk melakukan perawatan body paint sesuai dengan kerusakan cat nya.

Goresan
Sering kita sendiri tidak hati-hati dalam berkendara yang menghasilkan goresan di body. Selain itu, kesalahan penggunaan alat dan cara perawatan juga bisa menimbulkan goresan pada cat mobil kesayangan kalian, entah itu goresan halus ataupun kasar. Nah jika sudah terlanjur terjadi hal ini, kalian bisa melakukan beberapa jenis perawatan berikut ini.
  • Untuk goresan halus dan tidak terlalu mencolok, kalian bisa memoles dengan menggunakan compound. Tapi kalian perlu memperhatikan penggunaannya, jangan sampai berlebihan, karena dapat menyebabkan cat semakin memudar. Jika kalian tidak berani melakukannya sendiri, kalian bisa membawa ke dealer Auto2000 Body Paint Cibiru Bandung.
  • Untuk goresan yang kasar dan dalam sebaiknya jangan lakukan pemolesan dengan compound. Kalian bisa langsung membawanya ke dealer Auto2000 Body Paint Cibiru Bandung. Di tempat tersebut kalian bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya perihal jenis cat dan komponen lainnya.
  • Gunakanlah kain lap yang berbeda untuk membersihkan mobil kalian. Jadi kalian bisa membedakan penggunaan lap untuk eksterior, interior dan juga bagian velg dan spatbor mobil kesayangan kalian agar terhindar dari goresan akibat debu yang menempel.
Korosi
Korosi adalah hal klasik yang sering kita jumpai pada mobil jenis lama. Korosi ini diakibatkan karena reaksi udara dengan lapisan bare metal yang terkikis hingga menyebabkan karat di dalam lapisan cat. Untuk menghindari permasalahan klasik ini, kalian bisa melakukan beberapa tips berikut ini.
  • Cuci mobil kalian sesegera mungkin seteleh terkenda air hujan. Air hujan sendiri bersifat asam yang akan sangat berpotensi mengurangi kualitas cat mobil kesayangan kalian.
  • Apabila sudah terlanjur timbul karat, kalian bisa menggunakan cairan penghilang karat yang bisa kalian dapatkan di dealer Auto2000 Cibiru Bandung.
Jamur
Apa yang menyebabkan mobil kesayangan berjamur? Hal yang paling sering dan jarang diperhatikan adalah sisa air sabun yang tertinggal di permukaan cat mobil kesayangan kalian. Sisa air sabun yang tertinggal dan belum kering betul akan berpotensi menimbulkan jamur. Maka dari itu, setelah mencuci mobil kalian wajib untuk mengelap sampai benar-benar kering sampai sisa air hilang seluruhnya.

Bercak Air
Bercak air yang menyelimuti body mobil adalah hal yang sering kalian temui pada saat musim hujan tiba. Bercak air ini disebabkan air hujan atau bahkan air sabun yang mengering karena sinar matahari. Untuk menghilangkannya kalian bisa menggunakan shampo khusus mobil ketika mencuci mobil. Setelah kalian cuci, maka segeralah bilas dan lap menggunakan lap khusus yang bisa kalian dapatkan di dealer Auto2000 Body Paint Cibiru Bandung atau juga gunakan kain bersih dan lembut.

Nah beberapa informasi di atas bisa kalian jadikan referensi untuk memilih body paint yang tepat serta melakukan perawatan warna cat mobil kalian sendiri. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada petugas dealer Auto2000 Body Paint Cibiru Bandung untuk mendapatkan tips-tips perawatan body paint mobil kesayangan kalian. Untuk keterangan lebih detail tentang dealer Auto2000 Body Paint Cibiru Bandung silahkan klik disini.


EmoticonEmoticon