Friday, November 16, 2018

Biaya Operasi TKR : Hindari 4 Aktivitas Ini setelah Melakukan Total Knee Replacement


Paraf Informasi - Biaya operasi TKR memang tidak murah namun operasi ini sudah semakin banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. TKR itu sendiri merupakan kependekan dari Total Knee Replacement yang artinya penggantian bantalan tulang rawan pada lutut dengan menggunakan bantalan buatan yang terbuat dari bahan besi. 

TKR banyak dilakukan pada orang-orang penderita ostoarthritis maupun jenis kerusakan tulang sendi lainnya. Tindakan TKR dilakukan ketika sendi lutut sudah mengalami kerusakan yang berat dan sendi lutut sudah tidak bisa diobati lagi atau tidak bisa dibantu dengan alat penyangga apapun. 

TKR bukanlah jenis operasi yang sederhana. Operasi ini cukup rumit namun tingkat keberhasilannya juga cukup tinggi sehingga dinilai sebagai solusi terbaik bagi mereka yang mengalami kerusakan sendi lutut.

Pantangan setelah Operasi TKR
Setelah prosedur Total Knee Replacement, seorang pasien harus melewati masa pemulihan. Setelah menyelesaikan operasi TKR, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh pasien untuk mempercepat proses pemulihan. Berikut adalah beberapa aktivitas yang tak boleh dilakukan oleh pasien setelah menjalani TKR:
  1. Berlari
    Setelah menjalani TKR, pasien tidak diperbolehkan untuk berlari. Pasien harus benar-benar mengistirahatkan kedua lututnya dan tidak boleh melakukan kegiatan berat seperti berlari. Jangan sampai biaya operasi TKR yang anda bayar mahal sia-sia karena anda tidak mematuhi aturan untuk mengistirahatkan kaki anda.
  2. Latihan yang Padat
    Bagi anda yang terbiasa melakukan olahraga secara rutin dan padat, segera kurangi jadwal latihan anda. Kegiatan latihan yang padat bisa memperburuk kondisi sendi lutut pasca tindakan TKR. Sebaiknya istirahatkan diri anda dan mulailah lagi melakukan latihan setelah masa pemulihan selesai.
  3. Olahraga Tertentu
    Hindari melakukan jenis olahraga tertentu seperti olahraga basket, tenis, dan sepak bola. Jika anda melakukan olahraga ini, berarti anda memaksa sendi lutut untuk bergerak padahal seharusnya diistirahatkan setelah menjalani prosedur TKR. Selain itu, jika anda tetap berolahraga maka ada kemungkinan sendi lutut mengalam trauma karena benturan.
  4. Naik Turun Tangga
    Istirahatkan sendi lutut anda semaksimal mungkin setelah prosedur TKR. Hindari naik turun tangga karena aktivitas ini bisa memberi beban pada sendi lutut dan membuat pemulihan sendi lutut menjadi semakin lama. Jika masa pemulihan sudah selesai, barulah anda bisa melatih kedua sendi lutut anda untuk naik turun tangga secara perlahan-lahan.

Itulah tadi 4 aktivitas yang harus anda hindari setelah anda selesai menjalani prosedur TKR. Bagi anda yang merasakan ada masalah di bagian lutut dan sering mengalami nyeri maupun merasa kaku di bagian lutut, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi lutut anda. Jika memang dibutuhkan tindakan Total Knee Replacement maka konsultasikan bagaimana prosedurnya dan biaya operasi TKR yang dibutuhkan.


EmoticonEmoticon