Tuesday, October 16, 2018

Ulasan Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Toyota Land Cruiser


Paraf Informasi - Salah satu jenis mobil SUV yang cukup populer sejak tahun 60-an hingga kini adalah Toyota Land Cruiser. Land Cruiser sendiri mulai diproduksi oleh Toyota sejak tahun 1951 dan hingga kini masih dipuji-puji dan diimpikan oleh para pecinta mobil jenis SUV. Mobil ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis mobil off-road yang menjangkau hampir segala medan, sehingga mobil ini seringkali digunakan oleh para pecinta petualang dan wisata outdoor.

Land Cruiser bisa disebut sebagai mobil ‘tua-tua keladi’, semakin tua umurnya semakin jadilah dia. Ketangguhan dan ketahanannya tak pernah berubah sejak awal produksinya mobil ini. Harga jual awal mobil ini sekitar 190 juta sebelum krisis moneter. Namun, setelah krisis moneter harga melonjak tajam hingga 500 jutaan.

Bagi para kolektor, berapapun harga Land Cruiser rasanya tak menjadi masalah karena memang mobil ini memiliki ketangguhan dan ketahanan yang luar biasa dibandingkan dengan jenis SUV lainnya. Lihat saja bodinya yang gagah dan macho ditambah dengan ground clearance yang tinggi, membuat mobil ini mampu bertarung di segala medan, dari genangan air tinggi hingga jalur off-road yang hancur parah. Stabilitasnya juga sangat luar biasa.

Ketangguhan fisiknya disempurnakan lagi dengan ketangguhan mesinnya. Tipe mesin 1VD-FTV V8 dengan kapasitas silinder 4.461 cc milik Land Cruiser menjadikannya sebagai mobil jenis SUV yang memiliki tenaga maksimal hingga mencapai 235 PS, serta torsi hingga 62.8 Kgm. Transmisi yang disematkan pada mobil ini, yaitu menggunakan 6 percepatan dengan tiga transmisi otomatis triptonic.

Bukan hanya itu, Land Cruiser dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti dalam hal keamanan dan center console yang juga berfungsi sebagai media audio-visual bagi para penumpang kabin. Center Console ini juga terhubung dengan kamera belakang mobil dan bisa terhubung dengan smartphone. Pada jenis Land Cruiser lainnya ada yang dilengkapi dengan kamera samping, depan, dan sunroof. Namun, tentu saja dibalik segala kelebihannya, Toyota Land Cruiser memiliki kelemahan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk para kolektor maupun pembeli. Berikut ini beberapa kelemahan mobil Toyota Land Cruiser.

Kelemahan Toyota Land Cruiser
Toyota and Cruiser juga memiliki kelemahan yang bisa dipertimbangan, meski tidak terlalu berpengaruh terhadap performa ketangguhan dan ketahanannya. Pertama, harga Land Cruiser bisa dibilang cenderung sangat mahal jika dibandingkan dengan mobil mewah lainnya. Sebab, dibandingkan dengan Alphard saja harganya tidak terlalu jauh, tetapi spesifikasinya jauh lebih unggul Toyota Alphard. Melihat harganya yang tinggi, sudah pasti biaya perawatannya juga sangat tinggi.

Kedua, jika bukan kolektor dan berniat untuk menjual kembali mobil ini, harganya tergolong turun drastis. Sehingga, sudah pasti akan merugi. Anda bisa cek harga dan spesifikasinya di website https://auto2000.co.id/cars_list/toyota-landcruiser/


EmoticonEmoticon