Friday, October 12, 2018

Tips Melakukan Pertolongan Pertama Dengan Kotak P3K


Paraf Informasi - Luka akibat kecelakaan ringan kerap saja terjadi oleh siapa saja, bahkan di lingkungan terdekat sekalipun, seperti di rumah, sekolah, kantor dan lain sebagainya. Baik luka ringan maupun luka parah sekalipun membutuhkan perawatan agar tidak bertambah parah atau infeksi. Salah satu pertolongan pada luka yang paling sederhana adalah dengan menggunakan kotak P3K. Hal ini merupakan pengetahuan dasar yang wajib kita ketahui untuk dapat menangani cedera atau luka yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa tips pertolongan pertama dengan kotak P3K, diantaranya:

1. Mengenali manfaat dari isi kotak P3K
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali manfaat dari isi kotak P3k itu sendiri. Seperti yang kita tahu  isi kotak yang satu ini terdiri dari plester roll yang berfungsi untuk merekatkan kasa, bisa juga lester tempel yang bisa langsung di tempelkan ke luka, ada kasa atau perban yang berfungsi untuk membalut luka, sarung tangan latex untuk melindungi luka dari resiko penularan penyakit, dan berbagai obat-obatan yang lainnya.

2. Pelajari manfaat menutup luka
Kemudian, kita juga harus memahami apa manfaat dari menutup luka itu sendiri. Ada beberapa manfaat menutup luka yang perlu anda ketahui, diantaranya mencegah luka dari kuman atau bakteri yang dapat menimbulkan infeksi atau luka semakin parah, menghentikan pendarahan, dan memberikan rasa nyaman ketika luka ditutup sehingga rasa nyeripun sedikit berkurang.

3. Melakukan pertolongan pada berbagai jenis luka
Ada beberapa jenis luka pada tubuh, yaitu luka sayat yang mana luka terjadi akibat terpotongnya oleh benda tajam seperti pisau, perkakas kecil, bahkan pinggiran kertas sekalipun bisa melukai kulit kita. kemudian ada juga luka lecet yang umumnya tidak begitu berbahaya yang terjadi akibat gesekan yang terjadi antara kulit dengan benda yang memiliki permukaan kasar, seperti terjatuh dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips pertolongan pertama dengan menggunakan kota P3K. Untuk itu gunakanlah plester Hansaplast yang sangat baik untuk penutup luka lecet maupun luka sayata ringan.


EmoticonEmoticon