Friday, September 21, 2018

Hindari 3 Hal yang Dilarang Ini Saat Masuk Trimester Kedua


Paraf Informasi - Pada saat memasuki kehamilan trimester kedua maka janin di dalam kandungan akan mulai mengalami perubahan fisik secara signifikan. Sebab di usia kandungan inilah janin mulai memiliki kaki dan juga tangan, organ vital di dalam tubuhnya pun semakin berkembang dengan sempurna. Perut ibu pun akan semakin membuncit beriringan dengan bertambahnya berat badan janin itu sendiri. Maka penting sekali untuk mendengarkan penjelasan dokter atau bidan yang menangani kehamilan Anda, mulai dari asupan nutrisi sampai kebiasaan sehari-hari.

Hal-hal yang Dilarang Selama Trimester Kedua
Rupanya selain ada beberapa anjuran untuk dilakukan saat hamil di trimester kedua ada pula beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan, diantaranya adalah:

1. Hindari membungkuk,
Saat hamil tentu aktifitas harian seperti belanja, memasak, sampai bebersih rumah kadang masih tetap dilakukan. Beraktivitas secara wajar penting untuk menjaga tubuh tetap bergerak sehingga mendukung perkembangan janin sehat. Namun saat masuk trimester kedua ini usahakan tidak membungkuk misal saat mengambil barang, sebab bisa menekan janin dan efeknya tidak akan bagus apalagi jika sering dilakukan.

2. Baiknya tidak berdiri terlalu lama,
Perut yang membesar di usia kandungan di atas tiga bulan tentu membuat berat badan ikut bertambah, beban kaki pun semakin meningkat. Maka hindari aktifitas yang menuntut Anda untuk berdiri lama sampai berjam-jam. Sebab tekanan di kaki yang meningkat bisa memicu pembengkakan bahkan varises, kasus terparah adalah membuat tubuh pingsan. Jadi cobalah untuk tidak berdiri lama dan gunakan alas kaki yang nyaman. 

3. Tidak makan banyak dalam sekali waktu,
Perut akan terasa semakin berat jika saat hamil di trimester kedua malah sering makan banyak dan dihabiskan dalam sekali waktu. Sensasi lapar akan terasa berkali lipat apalagi mual dan pusing di trimester pertama mulai hilang sehingga nafsu makan kembali normal bahkan meningkat. Namun makan banyak sekali waktu adalah kebiasaan buruk yang membuat tubuh mudah lemah jadi silahkan makan sedikit demi sedikit namun sering. Supaya perut tidak berat dan mencegah penumpukan lemak secara berlebihan.


EmoticonEmoticon