Thursday, August 30, 2018

Hati-Hati dan Waspada Modus Penipuan Baru Kartu Kredit


Paraf Informasi - Kartu kredit bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang sangat mendesak, bahkan bisa juga untuk digunakan untuk kebutuhan travelling akan berada di luar negeri. Sebaiknya dengan perkembangan dunia digital saat ini kamu perlu hati-hati dengan beberapa modus penipuan baru kartu kredit.

Meskipun kartu kredit sudah dilengkapi dengan chip pengaman, tetapi ada beberapa celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya dengan melakukan pencurian data melalui beberapa cara tertentu yang tidak disadari oleh pemilik kartu kredit.

Supaya kamu lebih waspada ada beberapa modus penipuan kartu kredit baru yang perlu kamu waspadai agar tidak menjadi korban selanjutnya.

Mengirimkan email palsu berupa verifikasi data
Salah satu modus penipuan baru Kartu Kredit adalah dengan mengirimkan email palsu berupa verifikasi data. Email palsu ini seakan-akan berasal dari perusahaan besar seperti Apple maupun Google.

Jika tidak teliti dengan alamat pengirim email palsu, banyak yang terjebak dan mengirimkan data-data penting yang seharusnya menjadi rahasia dan disimpan dengan aman.

Untuk menghindari penipuan jenis seperti ini pastikan lagi untuk mengecek alamat email pengirim dan jangan mudah percaya apalagi jika harus dimintai beberapa data-data terperinci tentang biodata maupun nomor cvv kartu kredit.

Jika sudah terlanjur pernah mengisi email palsu seperti ini, segera lakukan pemblokiran kartu kredit agar tidak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Menyisipkan lewat link palsu
Tidak hanya melalui email palsu saja tetapi beberapa jenis penipuan kartu kredit, bisa dilakukan jika pengguna mengklik beberapa link-link tertentu yang sudah disisipkan malware. Untuk menghindari hal ini sebaiknya jangan mudah mengklik beberapa tautan dari situs-situs yang diragukan keamanannya.

Selain itu batasi kunjungan ke beberapa situs tertentu seperti situs yang menyediakan streaming online gratisan atau konten konten dewasa yang rawan disusupi dengan berbagai link palsu.

Belanja online
Tingkatkan kewaspadaan ketika kamu melakukan pembayaran secara online dengan menggunakan kartu kredit. Jangan sesekali melakukan transaksi di situs yang belum bisa dipercaya dan belum memiliki kredibilitas dalam menjaga data-data konsumennya terutama ketika melakukan pembayaran online secara digital.

Cara yang paling aman adalah mengunjungi atau bertransaksi secara online di situs yang sudah terkenal reputasinya. Hindari menggunakan kartu kredit ketika melakukan pembayaran di toko online yang belum bisa diverifikasi kebenarannya apalagi hanya menggunakan sosial media seperti Instagram.

Skimming
Skimming adalah pencurian data pengguna kartu kredit tanpa diketahui dan tanpa disadari oleh para penggunanya. Cara seperti ini dilakukan dengan menggunakan mesin EDC palsu atau ketika bertransaksi pengambilan uang tunai di ATM.

Untuk menghindari modus penipuan kartu kredit seperti ini pastikan untuk selalu bertransaksi di toko-toko yang terpercaya dan memiliki EDC asli. Hindari melakukan tarik tunai di beberapa ATM yang tidak terintegrasi dengan bank atau berada di tempat umum dengan pengawasan yang minimal.

Aplikasi palsu
Metode pencurian data yang lebih canggih lagi biasanya disajikan dengan menggunakan aplikasi palsu bisa berupa game maupun aplikasi penawaran diskon.

Sebelum mengunduh aplikasi tertentu, baca terlebih dahulu akses yang bisa diberikan kepada aplikasi tersebut. Selain itu hindari untuk mengunduh aplikasi aplikasi yang memiliki rating rendah serta belum banyak orang yang mengunduhnya.

Cara lain adalah dengan membaca review dari penggunaan aplikasi sebelumnya sehingga kamu bisa lebih waspada dan mengetahui apa sebetulnya aplikasi yang hendak kamu unduh.

Kartu kredit kadang kalau memang sangat memudahkan kehidupan kita dalam proses transaksi secara non tunai sehingga kita tidak perlu repot untuk membawa uang terlalu banyak. Belum lagi beberapa kartu kredit memiliki program ataupun promo yang sangat menarik dan berikan beberapa diskon pembelian.

Jika digunakan dengan tepat, kartu kredit bisa jadi teman baik untuk melakukan transaksi apapun dan bisa menghemat pengeluaran. Apalagi kartu kredit bisa diterima di semua negara sehingga sangat mudah ketika melakukan travelling ke luar negeri tanpa harus menukar uang terlebih dahulu.

Namun, tak banyak yang memiliki kartu kredit. Selain prosesnya yang ribet, mulai dari pengajuan dokumen yang jumlahnya banyak hingga harus melewati proses survei, penerbit kartu kredit seringkali menolak pengajuan nasabah tanpa alasan yang jelas. Untungnya, saat ini ada layanan kredit tanpa kartu kredit seperti yang ditawarkan oleh Kredivo.

Berbeda dengan kartu kredit konvensional, Kredivo  menawarkan proses kredit tanpa kartu kredit dengan mudah. Pengajuannya serba online, dan prosesnya hanya memakan waktu paling lambat 1 x 24 jam saja. Kamu cukup mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store, mengikuti instruksinya, dan bisa langsung mendapatkan approval. Kredit limit yang diberikan Kredivo hingga Rp 20 juta, sehingga kamu bisa kredit tanpa kartu kredit barang apapun yang kamu inginkan dan butuhkan.

Bunga di Kredivo juga paling rendah dibandingkan kredit sejenis, hanya 2,95% per bulan. Tenornya pun sangat fleksibel, mulai dari 3, 6, sampai dengan 12 bulan. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Kredivo kamu bisa mengeceknya di halaman berikut ini.


EmoticonEmoticon