Thursday, August 16, 2018

10 Kereta Api Super Cepat di Dunia Yang Patut Dicoba

Paraf Informasi - Kereta api merupakan satu dari sekian banyak transportasi umum yang paling digemari oleh masyarakat. Selain karena tarifnya yang cukup terjangkau, tak ketinggalan karena kereta api memberikan kenyamanan yang lebih. Dibandingkan dengan bis, kereta api juga lebih terbilang efisien karena tanpa kemacetan lalu lintas dan ketepatan waktunya.

Berbicara tentang efisiensi waktu, di dunia ini ada beberapa kereta yang melaju dengan kecepatan sangat tinggi. Pastinya dengan laju yang sangat tinggi itu, kita tak perlu kebingungan melirik jam tangan karena takut telat sampai tujuan. Apa saja kereta api yang super cepat itu? Simak pembahasan di bawah ini.

1. Shanghai Maglev
 
Kereta super cepat pertama diduduki oleh kereta Maglev. Kereta ini beroperasi dari bandara internasional Pudong Shanghai menuju stasiun Metro Longyang. Kereta api ini memang dikhususkan untuk para wisatawan yang ingin merasakan sensasi transportasi darat super cepat ini. Kereta api Maglev berkecepatan 431 km/jam. Bayangkan saja ketika perjalanan 30 km hanya ditempuh dalam waktu 7 menit saja. Luar biasa cepat bukan?

2. Fuxing Hao CR400/BF
 
Kereta api super cepat kedua kembali hadir di China. Kereta api itu bernama Fuxing Hao, yang bisa diartikan sebagai peremajaan, sedangkan CR400 berarti China Railway dengan kecepatan 400 km/jam. Kereta api Fuxing Hao mulai beroperasi tahun 2010 lalu dan mampu menampung hingga 556 penumpang.

3. Shinkansen H5 and E5
 
Kereta api super cepat di dunia ketiga kali ini berasal dari negeri sakura Jepang, bernama Shinkansen. Kereta api ini beroperasi dari Tokyo menuju Osaka. Perjalanan yang menghubungkan dua kota besar di Jepang tersebut hanya membutuhkan waktu 4 jam saja karena kereta ini memiliki kecepatan 360 km/jam. Wow super sekali.

4. Frecciarossa
 
Kota Milan turut menyemarakkan kereta api super cepat di dunia di urutan ke 4. Kereta api Frecciarossa yang memiliki arti panah merah ini memiliki kecepatan laju 354 km/jam. Mulai beroperasi pada tahun 2015, kerena api ini mampu mengantar penumpang dari Milan ke Roma hanya 1 jam 23 menit saja.

5. Renfe AVE
 
Urutan kereta api tercepat di dunia ditempati oleh kereta Api Renfe AVE du Spanyol. Kereta api ini memiliki kecepatan laju 349 km/jam. Namun, kereta api ini hanya melayani perjalanan jauh dari kota-kota besar yang berada di Spanyol dari negara-negara lainnya. Sebut saja dari Barcelona ke Paris yang membutuhkan waktu tempuh selama 6 jam.

6. Haramain Western Railway
 
Kereta api super cepat selanjutnya berasal dari Arab Saudi. Kereta api Haramain Western Railway memiliki kecepatan laju 349 km/jam. Kereta api ini beroperasi mengantarkan penumpang lebih dari 3 juta per tahunnya dari Mekkah menuju Madinah. Hanya membutuhkan waktu 2.5 jam saja untuk menghubungkan dua kota besar tersebut.

7. DeutschenBahn ICE
 
Kereta api DeutchenBahn ICE menempati urutan kereta api super cepat ke 7 di dunia dengan kecepatan 329 km/jam. Kereta api awalnya beroperasi menghubungkan kota Berlin ke Munich. Namun saat ini, kereta ini sudah bisa mengantarkan para penumpang dari Frankfrut ke Munich hingga Shuttgart.

8. Korail KTX
 
Memiliki kecepatan yang sama dengan kereta api DeutschenBahn ICE, kereta api Korail KTX milai beroperasi secara komersial pada tahun 2004 lalu di Korea Selatan. Kereta api ini memiliki rute bandara internasional Incheon menuju kota Gangneung. Perjalanan panjang selama 2 jam penumpang akan disajikan panorama lokasi sky pada musim dingin di PyeongChang.

9. Eurostar e320 and TGV
 
Kereta api Eurostar e320 and TGV memiliki kecepatan laju 320 km/jam. Kereta api yang mampu mengangkut penumpang sebanyak 900 ini akan mengantarkan Eurostar menuju Brussels, Paris, dan London hanya dengan waktu tempuh 2 jam saja. Selain itu, fasilitas wifi gratis dengan akses website yang berisi informasi liburan dan hiburan di kota tujuan menjadi daya pikat tersendiri kereta ini.

10. Thalys
 
Kereta api super cepat di urutan ke 10 adalah Thalys, dengan kecepatan 299 km/jam. Rute perjalanan Amsterdam, Brussels, dan Paris akan menjadi sangat singkat. Kereta api ini terbagi menjadi dua jenis dan jalur, yakni pebisnis dan wisatawan. Anda ingin berkeliling Eropa? Kereta api Thalys bisa menjadi pilihan tepat.

Wah sangat mengagumkan ya kereta api di atas. Kejenuhan di perjalanan bisa larut hilang dengan perjalanan yang cepat dan nyaman tersebut. Akhirnya, semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Sumber: www.qupas.id


EmoticonEmoticon