Monday, April 9, 2018

Kenali Produk Investasi di Indonesia Berikut


Paraf Informasi - Kira-kira apa jenis investasi yang paling menguntungkan bagi Anda? Simak beberapa produk investasi dengan kelebihan dan kekurangannya berikut.

Mempertimbangkan hal terkait dengan investasi yang dipilih tentu sangat penting Anda lakukan. Mengapa? Karena investasi akan melibatkan sejumlah uang dan waktu yang tidak sedikit. Maka, wajar adanya jika Anda pilah pilih investasi mana yang paling menguntungkan.

Sebelum menjalankan, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu produk investasi di Indonesia. Ada apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Tabungan
Tabungan merupakan bentuk simpanan sejumlah dana yang Anda lakukan di bank atau lembaga keuangan lain. Banyak orang memilih tabungan sebagai investasi, karena tidak memiliki risiko besar dan bisa diambil kapan saja. Tabungan ini pun bisa memberikan sejumlah pendapatan bunga. Namun bunga yang diberikan di bank ini cukup kecil. Selain itu, orang cenderung mudah mengambil uang di tabungannya sehingga jumlahnya berkurang.

Deposito
Deposito ini berbentuk simpanan yang terikat oleh waktu tertentu sesuai dengan keinginan pemilik. Keuntungannya, deposito sangat rendah risiko dan bunga yang dikenakan lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasa. Kekurangannya, pencairan dana deposito yang dilakukan sebelum tanggal yang sudah ditetapkan akan dikenakan biaya penalti yang tidak sedikit.

Reksadana
Reksadana ialah salah satu sarana untuk mengumpulkan sejumlah dana secara kolektif. Nantinya, dana itu akan dikelola seorang manajer investasi atau perusahaan investasi. Jadi lebih untung karena tidak repot. Namun di sisi lain, Anda bisa kurang puas karena tidak mengatur dananya sendiri. Reksadana ini akan membagi risiko dan keuntungan kepada para investornya secara merata. Jumlahnya tentu tergantung dari jenis reksadana yang dipilih.

Saham
Saham adalah bukti kepemilikan Anda di dalam perusahaan alias penanam modal. Hasil investasi tersebut akan didapat sejumlah dividen secara berkala. Anda bisa membeli atau juga menjual saham di perusahaan sekuritas dan dikenakan biaya. Keuntungannya, Anda bisa mendapat hasil besar jika harga sahamnya meningkat. Tapi kelemahannya ada pada risiko yang besar jika harga saham turun drastis di pasaran.


EmoticonEmoticon