Friday, March 16, 2018

Bisnis Kekinian yang Digandrungi Milenial


Setelah kurang lebih 4 tahun mengenyam bangku kuliah, akhirnya para milenial berhasil menyandang gelar sarjana. Pertanyaan “kapan lulus?” pun terjawab sudah. Namun, muncul lagi pertanyaan dari lingkungan, “kapan mulai kerja?”. Terbatasnya lowongan pekerjaan dan ketatnya persaingan membuat para milenial kesulitan untuk menjawabnya.

Namun, tak selamanya keterbatasan lapangan pekerjaan ini selalu berdampak negatif. Beberapa milenial justru menjadikan momen ini untuk menggali ide kreatif demi mendapatkan penghasilan pribadi, salah satunya melalui bisnis. Banyak muncul pemberitaan tentang jumlah anak-anak muda yang terjun dalam dunia bisnis. Menariknya, sektor bisnis yang digeluti milenial cenderung seragam. Biasanya jenis bisnis tersebut sesuai dengan karakteristik anak muda yang cenderung kreatif dan bebas. Bisnis apa saja yang banyak digeluti anak uda zaman sekarang atau yang biasa disebut milenial? Berikut ulasannya.

Bisnis kedai kopi
Bukan hanya sebagai penghilang kantuk, kegiatan minum kopi sudah menjadi tren gaya hidup belakangan ini. Karena memiliki prospek untung yang besar, bisnis kedai kopi yang didirikan anak muda pun mulai bermunculan di beberapa kota besar. Kesuksesan bisnis ini bukan hanya ditentukan oleh rasa dari kopi yang dijual, melainkan juga dari kreativitas pemiliknya dalam mengemas kedai tersebut. Selain itu, cara para barista dalam berkomunikasi dengan pelanggan juga cukup dinilai dalam bisnis ini. Jika kamu memiliki skill tersebut, maka bisnis kedai kopi bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Bisnis kedai kopi tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain bahan baku kopi, kamu juga membutuhkan peralatan untuk meracik kopi tersebut seperti grinder, mesin penyeduh kopi, saringan, dan sebagainya. Untuk membuat kedai kopi sederhana, setidaknya dibutuhkan modal Rp 5 juta, itu pun belum termasuk biaya sewa tempat. Apabila kamu belum punya cukup modal, kamu bisa memanfaatkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo. Kredivo telah bekerja sama dengan lebih dari 150 e-commerce terpecaya di Indonesia seeprti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan JD.id, sehingga kamu punya banyak pilihan untuk membeli peralatan meracik kopi dengan cara dicicil.

Bisnis toko online

Gadget dan internet merupakan dua hal yang sangat melekat dengan anak muda. Tak heran, tren jual beli online sangat diminati oleh anak-anak muda.  Kalau kamu cukup kreatif, aktif bermain media sosial, dan menyukai bisnis pemasaran online, maka ide bisnis ini tepat untuk kamu lakukan.
Kamu bisa merintis bisnis toko online dengan membuka toko di marketplace seperti Tokopedia, atau dengan mempromosikan dagangan di media sosial seperti Facebook atau Instagram, atau bisa juga dengan membuka toko online dengan website sendiri.

Bisnis toko online cenderung mudah untuk dilakukan, dan tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet, maka kamu bisa mulai menjalankan bisnis ini. Mengingat semua transaksi dilakukan dalam satu smartphone, maka dibutuhkan smartphone dengan fitur mumpuni agar transaksi jual-belimu semakin lancar. Untuk menghasilkan foto produk terbaik, kamu perlu smartphone dengan fitur kamera yang cukup tinggi, RAM dan kapasitas memori besar juga diperlukan agar smartphpone-mu anti nge-lag  saat menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Apabila fitur pada smartphonemu belum cukup mumpuni untuk menunjang kegiatan jual beli, jangan ragu membeli smartphone baru. Meski harga smartphone dengan fitur canggih relatif mahal, kamu tak akan rugi selama smartphone tersebut memang bisa menunjang bisnismu. Supaya lebih ringan dalam pembayarannya, gunakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo. Kamu bisa memilih bayar tunai dalam 30 hari tanpa bunga, atau cicilan tanpa kartu kredit tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga rendah sebesar 2,95%.

Bisnis make up artist
Bisnis make up artis saat ini juga tengah naik daun. Penghasilannya juga tak main-main. Seorang Make Up Artist alias MUA ternama bisa mengantongi bayaran mulai dari Rp 5 juta untuk acara biasa hingga Rp 17 juta untuk acara pernikahan. Namun, modal yang diperlukan juga tak sedikit, selain peralatan yang dibutuhkan banyak, harga make up dan seluruh tools-nya juga relatif mahal, terutama untuk merek-merek ternama.

Untuk menjadi MUA profesional, paling tidak kamu membutuhkan brush make up dengan segala ukuran, foundation beragam shade, blush on, beragam produk lipstik, eyeshadow pallette, eyeliner, maskara, eyebrow kit, alat untuk contouring dan highlight, bedak, make up remover, hingga tas make up agar seluruh peralatan tersebut tak tercecer. Kamu perlu merogoh kocek dalam untuk membeli itu semua. Untuk kamu yang baru mau mulai meniti karir sebagai make up artist, manfaatkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo untuk membeli seluruh peralatan make up tersebut.


EmoticonEmoticon