Sabtu, 13 Januari 2018

Ketahui Beberapa Dampak Polusi Udara Berikut Ini

Dampak Polusi Udara
Dampak polusi udara mungkin belum banyak diketahui orang. Polusi udara adalah keadaan dimana udara di sekitar sudah tercemar oleh bahan–bahan kimia, zat atau partikel yang sifatnya negatif, ataupun karena bahan biologis lain yang sifatnya berbahaya untuk manusia dan makhluk hidup lain. Polusi bisa menyerang apa saja, bisa tanah, air dan yang akan dibahas kali ini adalah udara.

Polusi udara ini seringkali menimbulkan berbagai macam dampak yang sangat merugikan karena ulah dari manusia sendiri. Misalnya aktivitas–aktivitas industri dari pabrik, aktivitas merokok manusia, dan juga asap–asap kendaraan bermotor. Lalu apa saja dampak polusi udara? Berikut beberapa dampak dari polusi udara yang ada di sekitar:

Gangguan kesehatan
Polusi udara sangat mudah menyebabkan berbagai penyakit, khususnya yang berhubungan dengan pernafasan. Misalnya gangguan paru–paru. Ini karena udara adalah satu–satunya sarana yang digunakan untuk bernafas, yang diambil dari hidung dan diproses ke paru–paru. Udara kotor inilah yang akan berpengaruh pada organ yang bertanggung jawab pada proses pernafasan, yaitu paru–paru.

Selain itu juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Kulit akan terlihat kusam, elastisitasnya turun, penuaan dini, muncul keriput, flek hitam, dan yang paling parah adalah kanker kulit. Polusi udara juga bisa menyebabkan penyakit asma. Penyakit asma adalah penyakit yang berhubungan dengan paru–paru dan kambuh jika menghirup udara kotor dalam beberapa waktu.

Jika pernafasan sakit maka tindak lanjutnya adalah batuk. Batuk akan sering muncul jika menghirup udara kotor dan tidak steril. Polusi udara juga bisa mengganggu pandangan, misalnya yang terjadi di Sumatera karena adanya asap kebakaran hutan. Stress dan emosi tinggi juga bisa terjadi karena polusi udara ini.

Menimbulkan terjadinya pemanasan global
Dampak jangka panjang dari polusi udara adalah pemanasan global. Polusi udara jika sudah masuk dalam kategori tinggi dan dalam jangka waktu yang panjang akan memicu terjadinya pemanasan global. Ini karena alam sudah disabotase oleh manusia. 

Tidak sedikit manusia modern yang akan melakukan berbagai kegiatan yang memicu polusi udara. Tanpa disadari, ternyata manusia yang semakin modern akan membuat bumi semakin terancam.

Mengganggu pertumbuhan tanaman
Polusi udara juga bisa mengganggu pertumbuhan tanaman. Makhluk hidup selain manusia juga akan merasakan dampak dari polusi udara ini, misalnya binatang dan tumbuhan. Tanaman yang hidup di lingkungan dengan tingkat polusinya tinggi akan terkena berbagai macam penyakit. Misalnya penyakit yang bisa menyerang tanaman ketika ada di lingkungan udara yang berpolusi adalah nekrosis, klorosis, dan juga bintik hitam.

Dampak polusi udara haruslah sama-sama kita hindari. Maka dari itu, mari sama-sama lebih bijak dalam beraktivitas atau berkegiatan agar bumi tidak terancam keselamatannya dan kesehatan kita bisa senantiasa terjaga.


EmoticonEmoticon