Kamis, 02 November 2017

Tips Hemat dan Bersahabat dalam Merenovasi Rumah


Paraf Informasi - Hunian yang nyaman membuat penghuninya merasakan betah berlama-lama di rumah. Bagi sobat yang menghendaki rumah nyaman, tentu salah satu cara yang biasa dilakukan adalah melakukan renovasi rumah. Sebelum merenovasi rumah, sobat harus merencanakan dengan detail. Agar anda tidak bingung bagaimana cara menekan biaya renovasi rumah, berikut ini ulasan tips hemat renovasi rumah type 36 di bawah 40 juta

1. Menentukan bagian mana yang hendak di renovasi
Menentukan dulu bagian rumah yang akan direnovasi bertujuan agar biaya yang dibutuhkan dapat diprediksi. Misalkan apakah dibagian kamar? Ruang tamu? Ingin diperbesar? Atau apa? Dalam menentukan bagian yang hendak direnovasi harus membuat skala prioritas. Jika tujuan awal membuat kamar tidur anak maka lakukan sesuai rencana. Jangan mengikuti godaan seperti keinginan menambah buffet kecil, membuat wallpaper, karena hal tersebut menyebabkan biaya yang dikeluarkan jadi membengkak. Sedangkan budget yang dimiliki terbatas. 

2. Memilih material bangunan rumah dengan harga bersahabat
Tips menekan biaya renovasi rumah adalah memilih material bahan bangunan dengan harga miring. Selain mempertimbangkan faktor harga, sobat juga wajib melihat dari segi kualitas bahan. Jangan sampai barang murah tapi mudah rusak sehingga bukannya hemat justru sobat harus mengeluarkan uang lagi untuk perbaikan. Sobat bisa mencari referensi harga dan kualitas baik lewat internet, majalah, ataupun buku mengenai renovasi rumah. 

3. Menentukan tukang bangunan dan sistem pembayarannya
Renovasi rumah type 36 dapat menggunakan tukang dengan dua sistem pembayaran, yakni harian atau borongan. Masing-masing sistem pembayaran mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sistem borongan sifatnya pembayarannya secara paket, yaitu tukang harus menyelesaikan pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan sistem harian pembayarannya dihitung selama tukang melakukan renovasi rumah. Biasanya sistem harian membuat tukang cenderung mengulur-ulur waktu, sehingga biaya yang dibutuhkan membengkak. Solusinya, sobat harus mengontrol langsung pekerjaan tukang. 

4. Memanfaatkan barang-barang yang masih berguna
Tips hemat renovasi rumah type 36 di bawah 40 juta yang lainnya adalah menggunakan barang yang masih bagus dan layak digunakan kembali. Apabila di rumah masih tersedia perabotan yang masih bagus maka jangan ragu untuk menggunakannya kembali, misalnya saja pintu, jendela. Sobat bisa mengecat ulang atau memolesnya dengan vernis atau politur sehingga tampak baru. Cara ini cukup efektif untuk menekan biaya renovasi rumah karena sobat tidak perlu lagi membeli barang yang baru. Jadi tidak ada salahnya sobat menggunakan bahan bangunan bekas yang masih layak pakai, selain lebih hemat, juga dapat menambah kreativitas. 

Semoga uraian di atas bermanfaat untuk sobat yang ingin melakukan renovasi rumah type 36 di bawah 40 juta. Sobat yang masih bimbang untuk melakukan renovasi rumah harus segera melakukan perencanaan yang tepat dan menentukan budget yang akan dianggarkan dalam renovasi. Nah poin yang tak kalah penting lainnya adalah mencari dan memilih pinjaman tunai untuk renovasi secara tepat dan cerdas. Pinjaman online tunaiku dapat membantu sobat untuk solusi sumber dana renovasi secara cepat, mudah, tanpa agunan, dan tanpa kartu kredit. 

Pinjaman online tunaiku ini digunakan untuk mempermudah proses pinjaman uang online kepada yang membutuhkan, seperti untuk renovasi rumah, pengembangan usaha kecil, ataupun kebutuhan mendadak dalam keluarga. Apabila sobat menggunakan pinjaman tunai untuk renovasi, ada baiknya untuk memaksimalkan dana tersebut agar tidak mubadzir.


EmoticonEmoticon