Mengapa Ibu Hamil Disarankan Untuk Mengikuti Senam Hamil?

Paraf Informasi - Masa – masa kehamilan bisa dibilang menjadi momen yang luar biasa bagi setiap wanita. Hadirnya buah hati di tengah – tengah keluarga akan segera terwujud. Akan tetapi saat kehamilan sudah mulai membesar, tentu Anda akan lebih mudah lemas dan letih. Hal ini wajar sebab ketika perut semakin besar, maka beratnya juga akan bertambah. Apalagi ketika usia kandungan sudah memasuki usia 6 bulan ke atas, Anda harus mulai merencanakan tentang senam hamil.

Awalnya bisa saja Anda berpikir bahwa saat rasa lemas dan letih sering menyerang, Anda harus banyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik. Dan akan lebih baik jika sebaiknya banyak bersantai di atas sofa. Padahal, yang demikian itu tidak disarankan bagi ibu hamil loh. Sebab ketika Anda tidak bergerak secara aktif justru membuat tubuh menjadi tidak bugar yang akhirnya menjadikan proses persalinan tidak berjalan mulus.

Senam - Ibu - Hamil

Tentang Senam Hamil
Senam ibu hamil merupakan jenis olahraga ringan yang diperuntukkan bagi ibu hamil yang memiliki usia kandungan di atas 6 bulan. Sehingga bagi ibu hamil yang usia kandungannya masih di bawah 6 bulan, sebaiknya tidak melakukan senam ini. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan senam untuk ibu hamil tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tujuan senam ini adalah untuk melatih fisik dan psikis ibu hamil sehingga nantinya bisa melahirkan dengan lancar, 
2. Seperti yang sudah disinggung di atas, senam ini adalah jenis olahraga ringan. Oleh karena itu gerakan yang diperlukan dalam senam adalah gerakan – gerakan yang ringan dan cenderung lemah,
3. Sebelum mengikuti senam ini, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa kandungan dalam kondisi baik,
4. Untuk ibu hamil yang memiliki beberapa masalah kandungan, seperti; kandungan lemah, dinding rahim lemah, kandungan terlalu banyak air ketuban dan mulut rahim lemah sebaiknya menghindari senam ini meskipun usia kandungan sudah melebihi 6 bulan. Hal ini dikarenakan ibu hamil dengan kondisi kandungan yang demikian dikhawatirkan akan menimbulkan resiko pendarahan ketika dipaksa untuk mengikuti senam.

Apa Saja Manfaat Senam Hamil?
Senam untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Apa saja manfaatnya? Mari simak ulasan berikut ini.

Menjaga kesehatan ibu hamil
Seperti senam pada umumnya, senam untuk ibu hamil ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Ketika senam, Anda akan diajari bagaimana cara melatih otot – otot tertentu. Seperti; otot paha, otot perut, dan otot panggul. Apabila otot – otot tersebut sering dilatih, maka kesehatan Anda akan semakin meningkat.

Meningkatkan fungsi otak
Dalam senam ini tentu saja Anda diharuskan menghafal berbagai macam gerakan senam dalam memori otak. Semakin sering Anda menghafal, secara tidak langsung Anda juga melatih otak untuk semakin memaksimalkan kinerjanya. 

Pikiran lebih rileks
Gerakan – gerakan senam ini hampir sama dengan gerakan – gerakan pada olahraga Yoga, itu artinya senam yang Anda lakukan ini juga membantu Anda untuk lebih rileks. Terlebih tidak lama lagi Anda akan melangsungkan persalinan, dan dengan adanya senam ini diharapkan Anda bisa semakin rileks untuk menghadapi persalinan nantinya.

Melatih Pernapasan
Melatih pernapasan sangat diperlukan untuk persalinan nanti, untuk itu pastikan Anda mengikuti senam secara rutin. Terlebih ketika persalinan nanti Anda diharuskan pandai dalam mengatur napas. Pernapasan dada, perut dan hidung sangat diperlukan saat persalinan, dan materi ini diajarkan dalam senam.

Melancarkan persalinan
Sudah sering disinggung bahwa adanya senam hamil ini adalah untuk memudahkan proses persalinan. Sebab pada saat senam, Anda akan sering melatih otot panggul dan paha yang mana kedua otot tersebut nantinya akan berperan besar dalam keberlangsungan persalinan Anda nanti.

Menghindari kegemukan
Ternyata ibu hamil juga tidak boleh kegemukan, sebab hal ini akan beresiko pada sulitnya proses persalinan. Banyak kasus dimana ibu hamil yang mengalami obesitas memang cenderung sulit melakukan persalinan. Nah dengan senam ini Anda bisa terhindar dari kegemukan sehingga persalinan bisa berjalan dengan lancar.

Demikian tadi ulasan mengenai senam hamil yang diperuntukkan bagi ibu hamil yang usia kandungannya sudah melebihi 6 bulan. Setelah mengetahui manfaat – manfaat senam ibu hamil ini, diharapkan Anda bisa lebih semangat melakukan senam sebab menjaga kebugaran ketika hamil sangat diperlukan agar Anda dan calon bayi yang tengah dikandung senantiasa terjaga kesehatannya.
Previous
Next Post »