Kamis, 15 Juni 2017

Joran Pancing dan 3 Jenis Joran yang Bisa Dipilih

Paraf Informasi - Joran merupakan jenis alat pancing yang paling penting karena merupakan alat yang menjadi pegangan untuk kegiatan memancing tersebut. Ada banyak sekali jenis rod ini yang bisa dipilih tetapi mereka dibagikan menjadi tiga rod yang bisa untuk dipilih apabila digunakan untuk memancing baik dipilih berdasarkan panjangnya, kekuatannya, bahan dasarnya, maupun dari jenis rod yang cocok untuk dipilih berdasarkan tempatnya. Seperti beberapa jenis joran pancing berikut ini: 


1.  Joran antena
Merupakan jenis joran pertama yang merupakan jenis yang cocok untuk galatama dan juga perlombaan memancing. Jenis ini mempunyai spesifikasi joran yang mudah melintir karena sambungannya ada di bagian atas dan juga bawah. Sehingga dengan adanya sambungan di kedua sisi joran ini akan membuatnya menjadi seimbang. Untuk jenis ini sendiri bisa digunakan untuk berbagai gaya memancing tetapi tidak pas untuk satu gaya yang ada yaitu dengan gaya trolling. Dimana untuk mendapatkan gaya trolling tersebut merupakan jenis yang cocok untuk dibuat memancing di laut yang memancingnya dengan cara bergerak dari kapal.

Untuk jenis joran antena ini mempunyai beberapa jenis yang bisa dipilih dilihat dari panjangnya dan juga tempat untuk menggunakan joran tersebut. Beberapa pilihan untuk joran antena tersebut adalah sebagai berikut ini: 
  • Joran antena standard merupakan jenis yang mempunyai panjang joran yang beragam dan dapat ditentukan dari tempatnya. Yaitu untuk joran antena yang digunakan untuk di kolam memerlukan joran dengan panjang 1,2 meter saja. Sedangkan untuk jenis joran yang digunakan di sungai dan laut membutuhkan joran dengan panjang 2,1 hingga 4,5 meter.
  • Joran antena surfcash merupakan jenis yang mempunyai panjang lebih dari tipe sebelumnya yaitu 3,6 hingga 4,5 meter dan sangat cocok digunakan untuk memancing di pantai dan tebing laut.
  • Joran antena iso merupakan joran yang mempunyai panjang 1,5 meter hingga 4,5 meter dan cocok untuk digunakan di tempat karang.
2.  Jorak tegek
Merupakan jenis joran pancing yang kedua yaitu jenis yang mempunyai kelenturan yang cukup tetapi juga tidak terlalu lentur. Jenis ini mempunyai 2 hingga 3 ruas yang mempunyai kelenturan dan tidak semuanya sehingga akan membuat ikan mudah untuk lepas. Kelenturan tersebut akan dapat untuk membuat sentakkan joran menjadi lebih baik ketika dinaikkan dipermukaan. Tetapi juga akan membuat pergelangan tangan dapat lebih baik untuk mengayunkan joran tersebut karena mempunyai kelenturan yang pas.

Untuk jenis joran jenis tegek ini mempunyai dua jenis yang dapat dipilih yaitu: 
  • Joran dengan section yang panjang atau juga disebut dengan pole. Jenis ini mempunyai panjang ukuran jorannya 1 meter yang pada ujungnya dapat untuk mengikat dengan panjang 3 hingga 10 meter.
  • Joran dengan section pendek mempunyai panjang senar yang dipasang hingga 7,2 meter.
3.  Joran sambung
Adalah jenis ketiga yang merupakan jenis yang paling populer. Jenis ini mempunyai ujung yang lembut dan juga dapat untuk mengikat benang nylon. Untuk jenis joran pancing ini mempunyai panjang dari 1,8 hingga 7,2 meter dan dapat untuk ditutup dengan panjang hanya 40 cm. Untuk jenis ini mempunyai beberapa jenis joran yang bisa dipilih yaitu:
  • Sambung satu yang merupakan joran dengan satu bagian saja yang tidak dapat dilepas.
  • Sambung dua adalah jenis joran yang mempunyai dua bagian.
  • Sambung tiga merupakan jenis kurang populer di Indonesia.
  • Sambung empat merupakan jenis yang mempunyai 4 bagian dan juga kurang populer di Indonesia.


EmoticonEmoticon