Mulai Investasi dengan Mengetahui Kelebihan dan Kekurangannya

Paraf Informasi - Investasi kini menjadi kegiatan yang tidak asing lagi dilakukan oleh masyarakat umum. Tidak hanya masyarakat menengah ke atas saja yang melakukan kegiatan investasi. Masyarakat menengah ke bawah pun dapat mulai investasi dengan memilih jenis investasi yang tepat. Ada banyak jenis investasi yang dapat dimulai dengan modal yang tidak banyak sehingga dapat dengan mudah dilakukan siapa saja baik oleh pemula sekalipun. Jika Anda bau ingin mulai belajar berinvestasi, ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenis investasi beserta keunggulan dan kekurangannya sehingga Anda dapat memilih investasi yang tepat dan menguntungkan sesuai dengan modal awal yang Anda miliki dan jangka waktu yang Anda inginkan.


Keuntungan dan kekurangan berbagai jenis investasi
Investasi sendiri bisa dilakukan dengan jangka waktu yang pendek maupun jangka waktu yang panjang. Semua dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Beberapa jenis investasi cocok diterapkan dalam investasi jangka pendek yang beberapa yang lain cocok untuk investasi jangka panjang. Tinggal Anda pilih investasi mana yang Anda ingin lakukan. Adapun beberapa jenis investasi yang banyak dilakukan oleh masyarakat beserta dengan berbagai keuntungan serta kekurangannya dapat kita lihat berikut ini.

1.  Deposito
Deposito adalah kegiatan menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu di dalam bank dengan persentase bunga tertentu. Selama jangka waktu penyimpanan, kita tidak bisa menarik uang yang sedang kita tanamkan. Jika kita mengambil sebelum waktunya, kita akan dikenai penalti sehingga uang yang kita ambil tidak dapat sepenuhnya terambil karena dikurangi dengan denda. Keuntungan investasi jenis ini adalah faktor risikonya yang sangat rendah dengan jumlah bunga yang lebih besar dan menjanjikan dibandingkan dengan tabungan biasa. Kerugiannya, investasi jenis ini memiliki keuntungan yang jauh lebih rendah dibandingkan jenis investasi lainnya.

2.  Reksadana
Reksadana adalah metode investasi yang menggunakan jasa manajer investasi sebagai orang yang membantu Anda dalam mengalokasikan dana Anda pada investasi yang tepat dan menguntungkan. Bagi Anda para pemula, melakukan investasi dengan metode ini akan lebih mudah dilakukan karena kita tidak memerlukan pengetahuan yang mendalam untuk melakukannya, keuntungannya pun cukup positif dibandingkan dengan kita melakukannya sendiri. Kekurangannya, karena kita tidak melakukan investasi sendiri melainkan dibantu oleh manajer, kadang kita akan kurang puas dengan keuntungan yang didapatkan.

3.  Saham
Saham adalah surat kepemilikan perusahaan yang dapat dibeli oleh masyarakat. Kita dapat membeli saham dengan aturan yang sesuai dengan bursa efek Indonesia pada perusahaan tertentu. Jika perusahaan mendapatkan keuntungan, maka kita sebagai salah satu pemegang saham akan mendapatkan keuntungan pula. Anda dapat memulai investasi jenis ini dengan modal yang tidak banyak. Namun, risiko kehilangan uang jika harga saham anjlok cukup tinggi.

4.  Emas
Emas adalah investasi yang paling mudah diuangkan kembali dengan harga yang stabil dan mudah didapat. Emas menjadi salah satu investasi yang favorit karena hal tersebut. Namun, dengan investasi emas, kita hanya akan seperti menabung. Tidak akan ada keuntungan yang akan kita dapatkan tiap bulan. Uang yang dapat kita hasilkan adalah jika kita menjual emas tersebut.

Itu tadi adalah 4 jenis investasi yang cukup populer dikalangan masyarakat karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan pengetahuan yang mendalam untuk menjalankannya. Beberapa memiliki risiko yang tinggi akan tetapi memberikan peluang keuntungan yang besar. Beberapa memiliki risiko rendah namun kurang menguntungkan. Anda bisa memilih sesuai dengan yang Anda inginkan dan keberanian Anda dalam berinvestasi.
Previous
Next Post »