Menilik Candi Borobudur Sebagai Wisata Edukatif yang Kaya Akan Nilai Historis

Paraf Informasi - Candi Borobudur merupakan salah satu situs bersejarah yang ada di Indonesia. Candi Borobudur berada di Magelang dan berbatasan dengan Yogyakarta. Candi yang megah ini semakin sempurna indahnya karena dikelilingi oleh pepohonan dan bukit – bukit asri yang menambah kesejukan saat berada di area Borobudur. Istimewanya lagi, candi Borobudur juga menjadi salah satu keajaiban dunia.

Berbicara mengenai candi Borobudur, tak lengkap rasanya jika kita hanya sekedar berbicara tanpa mengunjunginya secara langsung. Yup, itulah yang akhirnya menjadikan saya dan teman – teman memasukan candi Borobudur sebagai salah satu destinasi dalam rangkaian Study Tour kami. 


Saat itu, Rabu, 26 November 2014 dini hari kami mahasiswa – mahasiswi Prodi TBI semester 7 berangkat menuju kota Yogyakarta untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah English for Tourism. Dalam rangkaian Study Tour tersebut, kami mengagendakan untuk mengunjungi ELTI Gramedia Jogja, candi Borobudur, pantai Parangtritis, dan Malioboro.

Pagi seusai berkunjung ke ELTI Gramedia Jogja, perjalanan langsung kami lanjutkan untuk menuju candi Borobudur. Perjalanan cukup memakan waktu, terlebih kami terbagi menjadi dua rombongan bus dan sempat ada sedikit kendala pada salah satu bus. Tetapi beruntungnya kita bisa tetap melanjutkan perjalanan menuju Magelang, kota dimana candi Borobudur berdiri megah.

Oia untuk teman – teman pembaca yang ingin berwisata di kota Yogyakarta tapi terkendala kendaraan. Kalian bisa memanfaatkan transportasi umum, seperti kereta api. Cukup membeli tiket kereta api dengan tujuan Yogyakarta, kalian pun bisa sampai kota Jogja yang kaya akan tempat wisata, termasuk candi Borobudur. Berhubung rombongan kami pada agenda kali ini cukup banyak, kami pun memilih mengendarai bus. Padahal sepertinya akan lebih seru jika naik kereta api.

Setibanya di Borobudur kami bisa langsung memasuki area wisata candi. Tentu saja seharusnya kami terlebih dulu membeli tiket masuk, namun karena rombongan kami banyak, maka perihal tiket masuk diwakili oleh panitia. Sayangnya, cuaca siang itu sangat terik, jadi banyak dari kami yang akhirnya menyewa payung yang disewakan oleh jasa sewa payung yang berada di sekitar lokasi candi.

Tak hanya ada jasa sewa payung saja disana, saya dan teman – teman pun diserbu banyak sekali pedagang makanan dan minuman hingga oleh – oleh khas Borobudur dan Jogja.  “Padahal kan baru sampai, masa iya sudah disuruh beli oleh – oleh”, gumam saya dalam hati.

Di sela serbuan para pedagang, ada salah satu pedagang yang menawarkan dagangannya sembari nyeletuk, “Nanti di area candi kehausan lo mbak, disana ga boleh ada yang jualan. Jadi belinya sekarang aja”. Mendengar hal tersebut ada beberapa teman yang akhirnya membeli camilan dan air mineral untuk bekal sewaktu berada di candi nanti. 

Oia, sebelum bisa menikmati keindahan candi Borobudur, kami disarankan untuk mencari turis yang sedang berwisata. Akhirnya saya dan beberapa teman berkeliling untuk mencari target yang tepat. Hehe. Tak lama berkeliling, kami pun menemukan salah satu turis. Saya dan teman – teman menyempatkan diri untuk mengobrol sebentar, dan pastinya juga minta berfoto bersama. 

Yeay! Saatnya menjelajah candi Borobudur. Oia tepat beberapa meter di depan candi, saya dan teman – teman berhenti di sebuah stand petugas. Dan ternyata, kami diharuskan mengenakan sebuah kain yang bermotif candi Borobudur. Setelah itu kami melanjutkan langkah menuju candi. Tak lupa, kami pun mengabadikan setiap momen yang ada. Apalagi saya dan teman – teman cukup maniak foto, jadi deh kami saling jepret sana sini. 

Perjalanan sesungguhnya dimulai. Ya, saya dan teman – teman mulai menaiki tangga satu per satu. “Ah, cuaca siang ini sungguh tidak bersahabat, panas dan terik sekali”, pekik saya dalam hati. Tidak sedikit teman – teman mengeluhkan hal yang sama dengan saya. Tapi seterik apapun siang itu tak menyurutkan semangat kami untuk bisa menikmati kemegahan dan keindahan candi Borobudur. 

Baru beberapa langkah berjalan kami pun kelelahan, karena tidak tersedia bangku – bangku untuk beristirahat, kami pun cukup bersandar di bangunan candi. Tak lama, saya dan teman – teman kembali menuntun langkah menuju puncak. Sesekali kami pun menyempatkan diri untuk berkeliling melihat patung – patung arca Budha serta ukiran – ukiran indah yang terpahat pada dinding candi.

Setibanya di bagian puncak bangunan candi, kelelahan dan panas terik yang dirasakan seakan terbayar lunas. Dari atas kami bisa melihat sekeliling candi, pemandangan hijau yang menyegarkan dan indah benar – benar menebus peluh yang terjatuh. Saya pribadi merasa lega, bangga dan puas sekali, bisa berdiri di candi Borobudur yang notabene menjadi salah satu keajaiban dunia yang kaya akan nilai sejarah ini.

Tidak menyiakan kesempatan ini, saya pun mengabadikan setiap sudut yang ada. Dan pastinya bernarsis ria bersama teman – teman lainnya. 

Dirasa cukup berkeliling area candi dan berfoto bersama, saya dan teman – teman sepakat untuk menuruni monumen candi. Menuju pintu keluar, pihak pengelola sengaja mengarahkan kami - para pengunjung untuk memasuki lorong – lorong dimana disana terdapat puluhan penjual oleh – oleh khas Borobudur.  

Teringat setelah ini belum tentu bisa membeli oleh – oleh dengan leluasa, saya dan beberapa teman akhirnya memutuskan untuk mencari oleh – oleh disini. Banyaknya varian oleh – oleh yang ada membuat saya bingung harus membeli yang mana. Hehe. 

Ditambah lagi para penjual yang berjejer rapi dengan semangat menawarkan dagangannya. Beruntungnya saya belanja oleh – oleh bersama teman saya yang handal dalam tawar – menawar harga. Jadi tidak sulit untuk mendapatkan oleh – oleh dengan harga yang bersahabat dengan budget wisata kali ini. 

Demikian tadi perjalanan singkat saya dan teman – teman sewaktu di candi Borobudur. Tempat wisata ini sangat edukatif dan menarik. Candi Borobudur yang kental dengan sejarah tidak hanya menyuguhkan saya dan wisatawan lainnya dengan nilai – nilai historis yang dimilikinya. Pemandangan yang menakjubkan dan keragaman oleh – oleh khas yang ditawarkan menjadi pelengkap yang tentunya menambah rasa berkesan saat berkunjung ke candi Borobudur.

Hayo, apakah di antara teman – teman pembaca ada yang belum pernah mengunjungi tempat wisata bersejarah ini? Yuk segera tentukan jadwal liburan kalian. Jangan sampai melewatkan keindahan yang dimiliki bangsa kita sendiri ya.
Previous
Next Post »