Persiapan Perlengkapan Bayi yang Harus Bunda Ketahui

Paraf Informasi - Bagi pasangan menikah memiliki buah hati tentu menjadi keinginan yang utama. Apalagi jika usia pernikahan sudah semakin lama. Buah hati seolah menjadi pertaruhan akan kelangsungan rumah tangga selanjutnya. Padahal sejatinya tidak begitu ya, bunda. Urusan punya momongan ini penuh atas kuasa Sang Pencipta. Jika Dia berkehendak tentu akan dititipkannya anak manusia dalam rahim kita, namun sekali lagi semua atas kuasaNya. Dan perlu diingat berbaik sangka apalagi dengan sang Pencipta itu penting >> pesan moral.


Nah bagaimana jika ternyata Sang Pencipta sudah menjawab do’a kita untuk memiliki anak. Wah tentu saja selanjutnya adalah tugas kita menjaga, mendidik dan membesarkannya hingga ia menjadi pribadi yang mandiri dan imam bagi keluarganya kelak. Sebelum kita berbicara lebih jauh hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu adalah penyambutannya untuk lahir ke dunia. Merancang segala persiapan perlengkapan bayi dilakukan sebelum ia lahir. Lalu apa sajakah perlengkapan bayi yang harus disiapkan? Simak ulasannya.

Popok bayi
Saat ini popok bayi ada beberapa jenis, mulai dari yang tradisional berbahan kain yang berbentuk panjang dan memilliki tali di kedua sisinya, clodi yang bisa dicuci sampai diapers yang sekali pakai buang. Popok berbagai jenis ini semua baik untuk bayi hanya saja kebanyakan masyarakat masih memakai yang tradisional setidaknya di awal kelahiran bayi, alasannya karena popok berbahan kain lebih lembut untuk kulit bayi meskipun terkesan ribet karena harus rajin di cuci. Berbeda dengan popok sekali pakai yang langsung dapat dibuang selepas digunakan.

Baju bayi
Bayi yang baru lahir harus dijaga kebersihannya terutama pakaian. Pastikan pakaian yang disiapkan untuk bayi berbahan katun lembut, menyerap dan tidak menyebabkan iritasi. Untuk pencuciannya pula hindari mencuci dengan mesin. Lebih baik cuci tangan dengan sabun bayi, gunanya agar kain tidak kasar sehingga dapat melukai kulit bayi yang masih tipis.

Kain bedong
Meskipun menurut ahli kesehatan bayi sudah tidak boleh dibedong dengan alasan dapat memperlambat proses pertumbuhannya namun di masyarakat kain bedong tetap menjadi salah satu benda yang dipersiapkan untuk bayi. Alasannya agar bayi tetap hangat. Ini masuk akal mengingat bayi memiliki kulit yang tipis sehingga tidak tahan pada suhu dingin maka diperlukan kain bedong untuk menyelimutinya. Selain itu fungsi kain bedong bisa juga sebagai alas tidur untuk mencegah agar pipis bayi tidak langsung menembus kasur.

Kursi bayi atau lebih dikenal dengan baby bouncer
Baby bouncer kini sedang trend dikalangan ibu-ibu yang punya bayi. Fungsinya untuk menidurkan bayi, mendudukannya ketika dia berusai 8 bulan dan ada bebarapa kelengkapan lain seperti musik dan vibrant yang dapat keluar jika kita memencet tombolnya.

Perlengkapan medis
Yang dimaksud dengan perlengkapan medis disini yaitu peralatan medis yang tergolong sederhana misalnya minyak telon, pure kids inhalent (berguna untuk melegakan hidung tersumbat), kompres demam dll. 

Selain beberapa benda yang disebutkan tadi ada juga persiapan perlengkapan bayi lainnya. Seperti botol susu, kaus kaki, topi bayi, kasur bayi, ayunan dll. Semua itu tergantung tingkat kebutuhan bayi dan tentu saja tingkat ekonomi orang tua. Namun yang perlu diingat adalah persiapkan keperluan bayi sebaik mungkin dengan mengutamakan benda-benda yang paling penting saja. Mengingat bayi akan tumbuh dengan cepat sehingga seterusnya memerlukan kelengkapan lainnya.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
arin al-aziz
admin
8 Maret 2017 21.23 ×

Wah wajib diketahui itu

Congrats bro arin al-aziz you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar