Perkembangan Anak Usia 1 Tahun Yang Wajib Diketahui Ayah Bunda

Paraf Informasi - Sebagai seorang ibu, tumbuh kembang sang buah hati menjadi prioritas utama. Apalagi pada saat usia anak memasuki 1 tahun pertama. Masa-masa ini merupakan masa dimana anak mengalami banyak perubahan dalam merespon lingkungan sekitar. Tumbuh kembang anak 1 tahun memang mengalami perubahan yang signifikan yang perlu dipahami oleh setiap ibu. Ibu yang memahami tumbuh kembang anak 1 tahun akan mampu memberikan tanggapan yang sesuai kepada anak. Sekaligus untuk melihat apakah anak tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.


Perkembangan anak 1 tahun sayang untuk dilewatkan. Berbagai perilaku anak akan terjadi secara alami, seperti anak mulai mengucapkan kata-kata tertentu, insting untuk bermain, mempelajari barang-barang yang ada disekitar. Saat anak memasuki umur 1 tahun, saat itu anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Bimbingan serta pengawasan dari orang tua sangat diperlukan pada masa ini.

Saat anak berusia 1 tahun, anak akan lebih mudah diajak berkomunikasi dua arah, misalnya sudah dapat menunjuk benda yang kita ucapkan. Dimasa ini anak menjadi peniru ulung, untuk itu orang-orang yang ada disekelilingnya harus mampu menunjang tumbuh kembang anak. Dengan mengajarkan sopan santun kepada anak, seperti mengucapkan terimakasih dan juga kata-kata yang baik.

Perkembangan emosional anak juga berkembang dengan cepat pada masa ini. Berikut terdapat beberapa perkembangan emosional yang turut muncul pada diri anak usia satu tahun, diantaranya:
  • Menangis saat ditinggal ayah atau ibu.
  • Merasa gugup atau malu saat bertemu orang yang baru dikenal atau dilihatnya. Beberapa anak juga ada yang bersikap takut saat bertemu orang baru.
  • Punya kedekatan tertentu pada seseorang. Ini disebabkan karena intensitas bertemu, biasanya terhadap ibu, ayah, atau pengasuh.
  • Mulai menunjukkan mainan kesukaan atau tindakan sama yang sering dilakukan.
  • Agar mendapatkan perhatian dari orang-orang sekitarnya, mereka biasanya akan mengulang suatu tindakan atau suara tertentu.
  • Dalam menghadapi situasi tertentu, anak usia 1 tahun akan menunjukkan rasa takut, seperti saat dalam kegelapan, maupun saat melihat hewan.
  • Sudah mengerti saat diajak bermain, seperti melempar-lemparkan mainan, maupun membanting mainan. Sebaiknya orang tua memilihkan mainan yang aman bagi anak, bahan yang lembut dan tidak dapat melukai anak. Mainan yang sesuai dengan jenis kelamin anak juga harus diperhatikan, karna hal ini dapat mempengaruhi kepribadian anak.

Tumbuh kembang anak 1 tahun harus senantiasa dipantau oleh orang tua. Sepadat apapun kesibukan orang tua, namun kasih sayang kepada anak harus tetap diberikan, walaupun hanya sekedar menggendong anak ataupun memluknya. Ini memberi pengaruh besar pada tumbuh kembang anak. Anak merupakan titipan tuhan yang harus dijaga dengan penuh tanggung jawab.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
arin al-aziz
admin
24 Februari 2017 09.28 ×

Ayah dan ibu yg keren ya yg perhatian sama anak

Reply
avatar