Minggu, 26 Februari 2017

Cara Mengatasi Batuk Dengan Mudah dan Aman

Paraf Informasi - Batuk tergolong penyakit ringan yang cukup mengganggu apalagi jika sedang sibuk bekerja atau meeting di kantor. Tidak jarang obat batuk menjadi salah satu alternatif tercepat untuk menyembuhkan batuk. Namun perlu anda ketahui, menurut ahli medis obat batuk sebenarnya belum benar-benar teruji secara klinis dapat menyembuhkan batuk.  Karena sebenarnya batuk adalah reaksi alamiah dari tubuh jika kemasukan debu atau kotoran.  Untuk mengeluarkan debu tersebut batuk akan terjadi secara refleks dan biasanya akan sembuh dalam waktu 2 sampai 3 minggu.


Mengingat obat-obatan yang banyak direkomendasikan dapat menyembuhkan batuk belum benar-benar teruji maka ada cara mengatasi batuk dengan ramuan alami. Seperti perasan jeruk nipis yang dicampur kecap atau rendaman madu dan lemon. Bahan-bahan alami ini juga dapat dicari dengan mudah. 

Beberapa jenis batuk yang perlu anda ketahui. Meskipun terbilang penyakit ringan namun jika berlarut-larut ternyata batuk dapat berefek pada kesehatan. Ada beberapa jenis batuk yang tergolong ringan dan berat yaitu:

1.  Batuk kering
Tanda awal dari batuk kering adalah rasa gatal dan panas di tenggorokan. Ini diakibatkan tubuh terpapar polutan yang berasal dari asap rokok dan kendaraan. Selain itu udara yang kotor dapat memperparah kondisi tenggorokan. Batuk kering sangat mengganggu karena selain rasa gatal juga sakit pada paru-paru. 

2.  Batuk berdahak
Batuk berdahak sebenarnya dapat membantu debu keluar dari saluran pernafasan. Batuk berdahak akan mengeluarkan lendir yang berasal dari tenggorokan sehingga orang yang batuk berdahak akan lebih cepat sembuh.

Setelah mengetahui jenis-jenis batuk anda dapat mengatasinya dengan langkah mudah yaitu:
  • Buat ramuan herbal dari madu, jahe dan lemon. Caranya iris jahe dan lemon kemudian masukkan dalam wadah kaca buatlah lapis demi lapis kemudian tuang madu. Simpan, dan minum madu keesokan harinya. Ramuan ini dapat melegakan pernafasan dan meringankan batuk.
  • Konsumsi air lebih banyak. Kurangnya minum air apalagi ketika cuaca panas dapat menyebabkan debu masuk dengan lebih mudah. Minum air mineral sesering mungkin agar dapat melegakan tenggorokan.
  • Perbaiki posisi tidur. Dalam posisi terlentang penderita batuk biasanya akan lebih sulit tidur, gunakan bantal yang lebih tinggi dari biasanya agar saluran pernafasan tidak terganggu.
  • Hindari penggunaan AC. Udara dingin akibat AC dapat membuat penderita batuk semakin parah karena saluran pernafasan akan menyempit dalam cuaca dingin. Usahakan anda berada di ruangan yang tidak terlalu dingin ketika batuk atau gunakan syal jika tidak bisa menghindarinya.
  • Konsumsi obat penahan sakit. Untuk penderita batuk kering seringkali dada akan terasa sesak dan panas. Jika batuk berterusan bahkan dapat menimbulkan rasa nyeri pada dada. Konsumsi ibuprofen atau paracetamol untuk meredakan rasa sakit akibat batuk.
  • Sebagai pencegahan terhadap batuk, pastikan anda rutin mencuci tangan dengan lifebuoy. Tangan dapat menjadi sarang kuman yang dapat menjadi penyebab batuk ketika tangan bersentuhan dengan mulut.

Selain cara mengatasi batuk di atas anda juga dapat menggunakan minyak angin atau balsam untuk mengurangi rasa nyeri akibat batuk. Selain itu jika berterusan tidak salah jika menemui dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat ^^


EmoticonEmoticon