Beberapa Keunggulan Tanah Dan Ruko selain Rumah sebagai Aset Investasi masa depan

Paraf Informasi - Sektor properti hingga saat ini masih menjadi pilihan favorit sebagian besar masyarakat dalam menginvestasikan dana yang dimilikinya. Nilai investasi yang cenderung naik dan minim kerugian ini beragam jenis pilihan asetnya mulai dari Rumah, Apartemen, tanah, hingga Ruko. Nah kamu sebagai calon investor dalam bidang properti pun harus pandai melihat peluang, sehingga pilihan properti yang kamu pilih dapat menunjang masa depan kamu.
 

Umumnya kalangan masyarakat yang memiliki uang dan memiliki pandangan kedepan akan menjual aset yang dimillikinya akan memilih tanah sebagai aset investasinya ataupun ruko. Namun bergantung dari keuangan yang dimilikinya pula yang akan menentukan memilih tanah atau ruko. Dari kedua jenis aset tersebut keduanya ternyata memiliki kesamaan, berikut beberapa kesamaan tanah dengan ruko, diantaranya sebagai berikut :
 
  • Fleksibel
    Maksudnya adalah tanah lebih mudah dijual kembali atau bila ingin digarap menjadi perkebunan maupun mendirikan bangunan seperti rumah kontrakan, maka tanah pilihan yang tepat. Jika ingin dijual kembali pun bisa dijual sebagian ataupun keseluruhan luas tanah yang kamu miliki. Begitu pula halnya dengan ruko, pemiliknya dapat menggunakannya hanya sebagai tempat tinggal sekaligus berwirausaha, ataupun disewakan untuk orang yang ingin berwirusaha
  • Harga
    Secara umum harga beli tanah masih cukup terjangkau dibandingkan dengan harga beli ruko dijual. Ini dikarenakan aset tanah masih berbentuk alami, dan belum ada tambahan bangunan yang didirikan diatasnya. Jadi bila diperumpamakan  satu harga ruko di daerah jakarta bisa mendapatkan tanah seluas 1 hektar dijakarta. Akan tetapi ruko pun juga bisa terjangkau harganya bila berada dilokasi pinggiran kota besar, dan tidak hanya itu saja luas tanah dan bangunannya pun juga mempengaruhi harga jualnya. Selain itu pertimbangkan harga yang akan kamu ambil harus sepadan dengan fasilitasnya.
  • Lokasi
    Secara umum harga tanah akan semakin mahal jika akses menuju tanah yang dijual tersebut mudah dijangkau. Sedangkan akan semakin murah harganya jika lokasinya didaerah pelosok karena membutuhkan transportasi dan waktu tambahan. Namun lokasi didaerah sekalipun tetap bisa dimanfaatkan untuk perkebunan, sehingga tetap bisa menguntungkan untuk investasi. Sama halnya dengan ruko yang dijual di daerah strategis dan ramai akan membuat usaha yang dijalankan semakin ramai dengan calon pembeli sehingga pastikan melihat daerah sekitarnya terlebih dulu.

Melihat dari beberapa kesamaan yang dimiliki baik tanah dan ruko yang dijual menunjukkan bahwa memiliki kedua jenis aset tersebut merupakan pilihan yang tepat untuk investasi kamu dimasa depan. Lalu bagaimana dengan biaya perawatannya? Untuk hal ini memang sebanding dengan daya guna dari aset tersebut. Jadi tidak dapat dikatakan membeli ruko merupakan aset yang banyak mengeluarkan biaya atau sebaliknya tanah yang seperti itu. Setiap aset yang dipilih untuk dijadikan investasi memiliki resiko yang berbeda-beda, untuk itulah sebagai calon investor harus memahami profil dirinya yang berani ambil resiko besar atau hanya berani ambil resiko kecil. Investasi dibidang property memiliki resiko menengah hingga tinggi, sedangkan untuk yang resiko kecil dapat memilih aset perhiasan seperti emas hingga logam mulia. Resiko tinggi yang mungkin terjadi adalah ketika membeli property seperti ruko atau aset seperti tanah yang sedang sengketa status tanahnya. Bila terjadi seperti itu akan sulit untuk memperkuat status kepemilikan aset menjadi Sertifikat Hak Milik. Selain itu jika sudah terlanjur memiliki aset tersebut pun akan sulit dalam menjualnya kembali, karena jarang ada calon pembeli yang mau repot terlibat urusan hukum tersebut.

Nah agar kamu dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sengketa tersebut, maka harus selektif dalam memilih aset yang akan kamu jadikan nilai investasi, khususnya ketika melihat iklan tanah dijual hingga ruko dijual. Berikut beberapa tipsnya agar terhindar dari hal-hal tersebut, antara lain :
 
  • Cek Status Tanah
    Baik membeli ruko atau tanah khususnya yang lokasinya berada didekat akses jalan raya hingga jalur rel kereta, maka sebaiknya kamu lakukan survey ke Badan Pertanahan untuk mendapatkaninformasi yang jelas mengenai status tanah hingga akan ada proyek apa dimasa mendatang pada daerah tersebut. Dengan cara tersebut kamu akan mendapat informasi sejelas-jelasnya untuk memutuskan membeli atau tidak aset yang terdapat didaerah tersebut.
  • Gunakan jasa Notaris
    Cara ini memang lebih sederhana karena menggunakan bantuan jasa notaris untuk memastikan status aset yang akan kamu beli baik ruko atau tanah, walaupun memang ada biaya yang harus dikeluarkan.  Akan tetapi kamu bisa untuk negosiasi biaya tersebut hingga dapat kesepakatan, selain itu disarankan agar kamu sekaligus mengurus Sertifikat Hak Milik atas tanah atau ruko yang akan kamu beli nantinya.
  • Gunakan referensi
    Selain sengketa sebbaiknya gunakan referensi pula untuk mendapatkan informasi apakah daerahnya banjir ketika hujan, hingga riwayat pemilik sebelumnya. Referensi bisa didapat dari teman kamu, saudara, hingga tetangga disekitar areal properti yang akan kamu beli. 

Nah beberapa hal tersebut bisa diterapkan untuk meminimalisir resiko tinggi yang mungkin terjadi, sehingga aset yang kamu miliki pun aman statusnya dan kamu pun nyaman memilikinya.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar