Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis Sepanjang Masa

Paraf Informasi –  Sebagian orang beranggapan bahwa membangun rumah tangga harmonis itu susah. Alasan ini menjadi salah satu penyebab seseorang tak lekas menikah. Dengan dalih ingin mematangkan persiapan rumah tangga seseorang memilih lama melajang. Padahal mewujudkan rumah tangga yang harmonis tidak cukup dengan persiapan saja.

Mewujudkan keluarga harmonis sebenarnya mudah. Secara garis besar yang dibutuhkan hanyalah kesiapan ‘belajar’. Belajar dalam hal apa? Dalam hal apapun yang bersinggungan dengan rumah tangga dan kekeluargaan. Sejatinya rumah tangga harmonis akan terbentuk melalui proses dari waktu ke waktu. Untuk itu tidak ada alasan untuk berlama-lama lajang menunda pernikahan demi kesempurnaan persiapan. Karena yang terpenting bagaimana proses yang kita jalankan.


Melanjutkan selayang pandang di atas, kami akan memberikan informasi seputar tips rumah tangga harmonis. Sebelum membaca tips-tips di bawah, bukalah diri kita terlebih dahulu untuk siap belajar. Berikut beberapa tips dalam berumah tangga:

1.  Jangan berhenti romantis
Beberapa penyebab rumah tangga kurang harmonis adalah karena pasangan kita lebih romantis saat pacaran atau sebelum menikah daripada setelah menikah. Seharusnya setelah menikah hubungan harus lebih romantis. Nah, apabila kita menginginkan rumah tangga yang harmonis, tepislah ketidakromantisan. Temukanlah hal-hal baru yang membuat pasangan kita selalu bahagia dengan adanya kita.

2.  Milikilah sikap terbuka
Ada ungkapan bahwa sikap tertutup adalah penyebab utama konflik rumah tangga. Jika memang demikian, maka sikap terbuka menjadi vitamin dalam rumah tangga. Sikap tertutup melahirkan prasangka yang kebanyakan buruk, sedangkan sikap terbuka akan membuat rasa kebersamaan semakin terpupuk. 

3.  Jadilah pendengar yang baik
Menjadi pendengar yang baik merupakan pelengkap dari tips sebelumnya. Jadilah pendengar yang baik dengan mendengarkan segala curhatan pasangan kita. Berikan rasa nyaman dalam mengungkapkan isi hati. Jangan sampai pasangan kita lebih nyaman curhat kepada tetangga ketimbang kepada kita selaku pasangan hidupnya.

4.  Mengambil keputusan bersama
Tips rumah tangga selanjutnya adalah mengambil kesepakatan bersama. Sebisa mungkin kita jangan pernah memisahkan hak dan kewajiban suami istri dengan cara “lakukan tugasmu” aku akan “melakukan tugasku”. Agar tercipta rumah tangga yang harmonis, cobalah untuk melakukan segala hal bersama-sama, termasuk dalam mengambil keputusan. Hargailah pasangan kita dengan mengajaknya membicarakan, mempertimbangkan, dan memutuskan bersama. 

5.  Berikan apresiasi
Sobat yang budiman, jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi kepada pasangan kita atas segala yang dilakukan. Misalnya, istri dapat memberikan sambutan dan pujian kepada suami selepas ia pulang dari kantor. Istri juga perlu diapresiasi atas karya masakannya yang menggugah selera. Dengan menerapkan hal ini, rumah tangga kita akan semakin harmonis.

6.  Saling memaafkan
Tidak ada manusia yang lepas dari kesalahan, itulah faktanya. Untuk itu saling memaafkan adalah obat bagi kesalahan tersebut sekaligus kunci rumah tangga harmonis. Terkadang dalam rumah tangga ada kesalahan yang dilakukan demi kebaikan. Maafkanlah kesalahan pasangan kita, berikan ia kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya. 

7.  Jangan membandingkan pasangan
Dalam kondisi apapun, kita pastinya ingin selalu menjadi nomor 1 di mata pasangan, hal ini berlaku juga pada pasangan kita. Maka dari itu, jangan pernah membandingkan pasangan kita dengan orang lain. Sanjunglah pasangan kita, buat pasangan kita merasa bahwa dialah satu-satunya yang berharga dalam hidup kita.

Memiliki rumah tangga yang harmonis sepanjang masa tentunya harapan semua orang ya sobat yang budiman. Dalam rangka mewujudkan hal itu, beberapa tips rumah tangga harmonis di atas semoga bermanfaat untuk diterapkan. Terakhir, apa yang kita tanam, maka itulah yang akan kita tuai. ^^
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
arin al-aziz
admin
20 Januari 2017 22.40 ×

Rumah tangga romantis idaman semua orang

Reply
avatar