Poster-Poster Konser Musik yang Keren Abis

Paraf Informasi - Kalau kamu suka nonton konser musik, salah satu media yang menjadi penyampai pesannya adalah poster. Baik poster yang ditempel langsung di dinding maupun yang kamu lihat di online. Poster ini merupakan jenis dari visual art yang cukup pesat perkembangannya. Bahkan kalau kita mau belajar jauh, poster-poster itu sejak ada sejak zaman baheula. 

Semisal di tahun 1960-an. Poster konser musik di masa itu dibuat dengan desain yang khas. Contohnya seperti di bawah ini.
Posternya dibuat dengan teknik offset lithography serta stone lithography. Menjadikan poster konser musik memiliki warna-warna mencolok dengan komposisi yang atraktif. Warna-warna yang ditampilkan pada poster musik di tahun 1960-an banyak mengadopsi warna-warna neon. 

Typography atau pemilihan font pun sangat khas. Sehingga desain poster ini terasa unik dan artistik.

Hal ini pula sebelumnya pernah dibahas di website GoAheadPeople.com yang mengupas mengenai poster-poster dari Studiorama. Di Dengan pemilihan warna, font dan komposisi yang menarik menjadikan poster-poster Studiorama itu bukan sekedar penyampai pesan adanya acara musik, tapi lebih dari itu sebagai benda yang layak koleksi. 

Memang kalau kita belajar lebih jauh mengenai dunia visual art, desain poster itu memang terus mengalami perkembangan. Antara satu masa dengaan masa lainnya terdapat perbedaan yang bisa menjadi penanda bahwa dunia visual art ini tak pernah stagnan. 

Perkembangan visual art ini memang menarik untuk disimak, dan kalau kamu termasuk yang suka membuat poster musik, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantumu untuk membuat poster yang lebih outstanding. 

1. Cari idenya
Yap, semua pekerja seni akan memulai proses berkarya dari ide. Dari ide itu kemudian coba diaplikasikan ke dalam karya seperti yang diinginkannya. 

Untuk itulah, kalau kamu ingin membuat poster konser musik yang bagus, kamu perlu tahu kamu ingin buat poster seperti apa. Untuk mencari ide ini kamu bisa belajar dari poster-poster yang sudah ada. Kenali basic atau dasar dari visual art itu sehingga kamu menjadi lebih mengerti saat kamu coba berkarya. 

2. Lakukan teknik yang kamu suka
Saat membuat ilustrasi untuk poster ini, umumnya desainer maupun ilustrator memiliki teknik masing-masing yang disukainya. Kalau dirasa teknik ilustrasi itu cocok dengan ide poster yang ingin kamu buat, tak ada salahnya untuk mencoba.

Atau misalkan kamu pun ingin mencoba menggunakan teknik ilustrasi baru demi melihat seperti apa hasilnya ketika coba diterapkan dalam ide poster yang kamu inginkan, lakukan juga. Dengan berani melakukan eksperimen, ini akan menjadi hal yang mengasyikkan.

Bahkan kalau ingin mencoba lebih seru lagi, kamu tak sekedar menerapkan eksperimen itu pada teknik ilustrasinya, tapi juga pada teknik produksi. Poster yang dihasilkan pun rasanya akan lebih memukau. 

3. Pemilihan font yang tepat
Dalam poster apapun, typhography menjadi unsur yang penting. Font yang tepat bukan sekedar membuat unsur-unsur dalam poster tampak serasi, tapi font ini pun bisa mengirimkan pesan yang kuat kepada khalayak mengenai apa yang ingin disampaikannya. 

Biasanya yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan font di poster itu adalah tingkat keterbacaannya. Namun juga tidak selalu begitu. Karena ada juga yang lebih memperhatikan pada konsepnya, sehingga poster yang dihasilkan pun bisa seperti keinginan. 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
arin al-aziz
admin
24 Januari 2017 17.38 ×

Poster memang media informasi yg menarik

Congrats bro arin al-aziz you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar