Kamis, 19 Januari 2017

Mengabadikan Pernikahan Melalui Foto, Penting atau Tidak?

Paraf Informasi - Pernikahan adalah salah satu acara yang istimewa dan bisa jadi acara yang hanya dilakukan sekali seumur hidup. Sebagai salah satu acara istimewa, setiap moment penting dalam pernikahan memang tidak boleh terlewatkan oleh fotografer. Dari foto-foto inilah kedua mempelai akan memiliki catatan berharga saat mereka memulai hidup baru melalui dokumentasi foto. Oleh karena itu akan sangat disayangkan apabila setiap moment penting tersebut tidak terabadikan dengan baik.

Ada banyak moment penting dalam pernikahan yang harus didokumentasi, moment-moment tersebut mulai dari persiapan akad nikah, saat upacara akad nikah, sebelum acara resepsi, dan pada saat acara resepsi pernikahan. Dari masing-masing rangkaian acara tersebut sebisa mungkin terdokumentasi dengan baik. Karenanya sebelum bertemu dengan fotografer buatlah daftar moment foto yang anda inginkan untuk diabadikan. Dengan daftar ini akan mempermudah fotografer dan juga memastikan seluruh moment terekam dalam foto.
Momen-momen apa saja yang sebaiknya diabadikan dari sebuah acara pernikahan?

1. Momen Berdandan dan Busana Pengantin Yang Akan Dikenakan
Hari pernikahan adalah hari istimewa yang diharapkan terjadi sekali saja sepanjang usia. Jadi semua calon pengantin akan tampil semaksimal mungkin bagaikan raja dan ratu sehari. Selain diri sendiri, pakaian khusus yang dipersiapkan akan menjadi saksi bisu betapa bahagia pengantin yang menikah hari itu. Agar keistimewaan hari pernikahan terkenang selamanya, maka memotret saat-saat berdandan dan busana yang akan dikenakan dengan kamera akan membuatnya menjadi kenangan yang indah

2. Momen Bersama Bridesmaid atau Pendamping Pengantin
Ketegangan menjelang pernikahan seringkali membuat pengantin harus mendapatkan pendamping selama pernikahan. Sejak pagi hari, sebelum berdandan hingga pengantin sah menjadi seorang istri . Tentu saja, mereka adalah orang-orang yang tak boleh terlupakan untuk dipotret.

3. Momen Saat Ijab Kabul
4. Momen Lainnya Seperti :

1.    Foto suasana lokasi acara
2.    Jika menggunakan mobil pengantin, jangan lupa ambil fotonya
3.    Foto para tamu undangan yang datang
4.    Foto kedua pengantin saat memasuki lokasi akad nikah.
5.    Foto kedua orangtua pengantin memasuki lokasi.
6.    Foto ekspresi kedua pengantin saat acara mulai berlangsung
7.    Foto ekspresi kedua orangtua
8.    Foto ekspresi tamu yang hadir
9.    Foto pengantin wanita meminta ijin menikah kepada orang tua
10.  Foto pengentin pria mengucapkan ijab kabul
11.  Foto pengantin mengucapkan janji pernikahan
12.  Foto prosesi bertukar cincin
13.  Foto penyerahan mas kawin
14.  Foto pengantin wanita mencium tangan pengantin pria
15.  Foto memperlihatkan buku nikah
16.  Foto sungkem pada orang tua
17.  Foto ekspresi pengantin setelah sah menjadi suami-istri.
18.  Foto ucapan selamat dari tamu dan saudara

Hal diatas merupakan momen-momen yang tidak boleh terlewatkan saat mengabadikan momen pernikahan. Mengapa mengabadikan momen pernikahan menjadi hal yang penting bagi pengantin, inilah alasannya:

1. Merekam Momen Penting
Pernikahan adalah peristiwa yang sangat penting dalam hidup. Filosofinya, manusia akan “dikerumuni” banyak orang sebanyak tiga kali, yaitu saat lahir, saat menikah, dan saat wafat. Begitu pentingnya peristiwa pernikahan, sehingga semua orang harus mengabadikannya dalam sebuah foto. 

2. Dokumentasi Seumur Hidup
Sadarkah Anda, bahwa foto yang diambil ketika acara pernikahan akan menjadi dokumentasi seumur hidup? Siapa pun menginginkan pernikahannya berlangsung satu kali dalam hidup. Peristiwa ini tak akan terulang lagi. Oleh karena itu, pastikan tidak ada kejadian penting yang terlewat. Buatlah daftar momen yang harus difoto. Misalnya, saat sungkeman antara kedua calon mempelai dengan orangtua dari kedua belah pihak.

3. Sebagai Pengingat Kebahagiaan
Menikah berarti memasuki gerbang baru. Setelah memasuki gerbang ini, gemerlap pesta akan segera berakhir, berganti dengan kehidupan yang sebenarnya. Saat menjalani kehidupan sebenarnya inilah berbagai tantangan hidup datang silih berganti. Begitu pun irama dalam pernikahan. Kadang di atas, kadang di bawah. Sesekali Anda akan menemui tantangan besar. Ketika memasuki masa-masa sulit, foto pernikahan dapat menjadi “obat” yang ampuh. Rasa bahagia saat di pelaminan menerima doa dan ucapan selamat dari kerabat, dapat memberi semangat untuk bangkit dari masa-masa sulit.

4. Pencegah Terjadinya Perceraian
Bagaimana pun, pernikahan bukan akhir perjalanan. Gerbang ini justru awal terbentuknya rumah tangga dengan “masa kontrak” yang tak terhingga. Hidup berumah tangga bukan tanpa halangan. Pelan tetapi pasti, masalah besar atau kecil akan datang. Semakin tua usia pernikahan, semakin pelik pula persoalan yang ada. Di satu sisi, masalah-masalah dalam rumah tangga akan mendewasakan suami dan istri. Di sisi lain, banyak suami atau istri yang tak sanggup menanggung beban yang dirasa terlalu berat, sehingga memutuskan untuk bercerai. Melihat-lihat kembali foto pernikahan, akan mengembalikan ingatan pada masa-masa ketika Anda memasuki gerbang rumah tangga.

Vendor fotografi yang baik harus mengerti betul bahwa setiap momen dalam upacara pernikahan harus terekam sempurna. Sang fotografer harus dapat dengan jeli menangkap peristiwa-peristiwa kecil yang terjadi selama berlangsungnya acara pernikahan, baik foto dengan candid maupun dokumentasi liputan. Momen-momen penting ini akan menjadi sejarah tersendiri di kemudian hari. Untuk itu StarOfService dengan daftar fotografer pernikahan yang berpengalaman dan handal dalam mengabadikan momen penting, dapat menjadi sebuah platform yang dapat membantu anda mendapatkan seorang fotografer sesuai dengan budget dan kriteria yang anda inginkan.

4 komentar


EmoticonEmoticon