Dari Wisata Pantai Hingga Air Terjun, Anda Bisa Menemukannya di Cipatujah Tasikmalaya

Paraf Informasi - Kabupaten Tasikmalaya menyimpan pesona wisata alam yang mengagumkan. Di kabupaten ini, Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata alam yang menarik, salah satunya di wilayah Kecamatan Cipatujah. Di tempat ini, Anda bisa menemukan deretan wisata alam, mulai dari pantai hingga air terjun. 

Dengan potensi wisata alamnya, tidak heran kalau para wisatawan banyak yang memilih berkunjung ke Cipatujah. Terlebih, para pencinta pantai. Setidaknya terdapat tiga deretan pantai indah yang bisa dikunjungi di Cipatujah. Sebagai bonusnya, Anda juga bisa memilih untuk datang ke air terjun yang ada di kecamatan ini. 

Kecamatan Cipatujah memang berada cukup jauh dari Kota Tasikmalaya. Untuk menjangkau wilayah ini, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih dua jam. 

Mengingat jaraknya yang cukup memakan waktu, alangkah baiknya jika Anda mencari akomodasi untuk menginap. Bisa di hotel di Tasikmalaya, atau penginapan lain di kawasan Cipatujah. Tidak usah bingung mencari hotel di kawasan ini. Anda bisa mencarinya lewat Traveloka.com

Lalu, tempat wisata apa saja yang bisa ditemukan di Cipatujah? Berikut ini wisata alam yang bisa Anda telusuri di Cipatujah, Tasikmalaya:
1.  Pantai Pasanggrahan

Source: Wikimapia

Pantai Pesanggrahan Cipatujah yang berlokasi di Desa Cipatujah, menjadi pantai yang paling populer di Tasikmalaya. Terkadang, masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Cipatujah. 

Pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa ini dikenal memiliki hamparan pasir yang luas, mencapai 115 hektare. Dengan kondisi seperti itu, pantai ini menawarkan lokasi yang luas untuk berbagai pilihan aktivitas. 

Selain itu, Pantai Pesanggrahan juga menjadi tempat perhelatan atraksi balap kerbau. Menariknya, wisatawan tidak hanya bisa menonton, tapi dapat pula secara langsung berpartisipasi mengikuti perlombaan. Sungguh pengalaman unik yang sulit dijumpai di tempat lain. 

Untuk akomodasinya, ada satu pilihan hotel di Tasikmalaya yang menarik dan berlokasi di tepi Pantai Pesanggrahan, yakni Hotel Taman Yokima Resort. Tarifnya tidak terlalu mahal, hanya Rp420.000,00 per malam. 

2.  Pantai Sindangkerta

Source: pikiran-rakyat.com

Berikutnya adalah Pantai Sindangkerta yang menjadi wilayah dari Desa Sindangkerta. Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari Pantai Pesanggrahan Cipatujah, kurang lebih 20 km. Di tempat ini, Anda akan dihadapkan dengan hamparan pasir putih yang luas beserta pantai yang kaya akan biota laut. 

Di tempat ini, berbagai jenis makhluk laut seperti kepiting kecil, ikan hias, siput, kerang, ataupun bintang laut bisa dijumpai dengan mudah. Kalau beruntung, Anda juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan pelepasan penyu hijau yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. 

3.  Pantai Pamayangsari

Source: Selamat Datang dan Tersenyumlah

Pantai berikutnya, yakni Pantai Pamayangsari, lokasinya bersebelahan dengan Pantai Sindangkerta. Kedua pantai ini memang sama-sama berada di Desa Sindangkerta. Kedua pantai ini hanya terpisah sejauh 3,3 km. Jarak antara kedua pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor kurang lebih selama 5 menit perjalanan. 

Di pantai ini, Anda akan mendapati penangkaran penyu hijau. Selain itu, tidak jauh dari pantai ini juga terdapat pelabuhan nelayan serta tempat pelelangan ikan. Dengan suasana seperti itu, Anda bisa melakukan banyak kegiatan. Mulai dari menengok keberadaan penyu, atau malah sekalian belanja hasil tangkapan para nelayan yang masih segar. 

4.  Curug Dengdeng

Source: Rizquna Tour - Google+

Tidak hanya pantai, wilayah Kecamatan Cipatujah juga ada yang berupa dataran tinggi. Karena struktur alamnya tersebut, tidak mengherankan kalau Anda bisa menjumpai air terjun yang indah, namanya Curug Dengdeng. 

Curug Dengdeng ini berlokasi di Kampung Caringin, Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cipatujah. Keindahan utama dari air terjun ini yang berhasil menarik perhatian para wisatawan adalah bentuknya yang berupa air terjun tiga tingkat. Pemandangan seperti itu tentunya akan terlihat cantik saat diabadikan dalam sebuah foto. Baca juga Keindahan Gunung Arjuno

Untuk berlama-lama di kawasan ini, Anda tidak perlu repot memilih hotel di Tasikmalaya sebagai tempat menginap. Hotel Taman Yokima Resort memiliki jarak yang relatif dekat dengan air terjun ini. Jarak antara hotel dengan curug bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit. 

Keindahan alam Cipatujah seolah menjadi gambaran kecil dari kekayaan alam yang dimiliki oleh Tanah Pasundan. Tidak heran kalau seorang ahli budaya Belanda Martinus Antonius Weselinus Brouwer memuji bahwa, “Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum”.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
arin al-aziz
admin
13 Januari 2017 07.04 ×

Wow mau dong ke sana

Reply
avatar
Abdul Rozak
admin
13 Januari 2017 12.19 ×

Segera mbak, lebih enak bersama kekasih :)

Reply
avatar