5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Persalinan

Paraf Informasi – Sebagai calon ibu, kebingungan seringkali dirasakan menjelang kelahiran, terutama bagi calon ibu pada momen pertama melahirkan. Kecemasan yang dirasakan ibu hamil menjelang persalinan bukan hanya terkait perlengkapan, tetapi termasuk juga fisik dan psikis. Hal ini membuat kondisi ibu hamil turut berkurang karena terbebani kekhawatiran menjelang persalinan.


Semua orang pada umumnya dan ibu hamil khususnya pasti menginginkan momen kelahiran buah hati dengan lancar dan tenang. Kebanyakan ibu hamil akan cemas menghadapi persalinan apabila persiapan yang ada belum maksimal. Untuk membantu mengatasi kecemasan yang dialami ibu hamil menjelang kelahiran, kali ini kami akan berbagi informasi terkait persiapan sebelum melahirkan. Berikut hal-hal yang perlu disiapkan:

·  Memilih metode melahirkan
Umumnya banyak ibu hamil yang memilih persalinan normal. Namun dengan alasan dan pertimbangan tertentu seseorang kadang beralih ke metode persalinan secara Caesar. Sebagai persiapan yang tepat sebelum melahirkan, alangkah baiknya calon ibu mengetahui seperti apa tahapan-tahapan melahirkan baik secara normal ataupun Caesar. Demi keselamatan ibu dan buah hati, konsultasikan kepada dokter/bidan terkait metode melahirkan yang tepat.

·  Memilih tempat persalinan
Tepat dalam memilih tempat akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi calon ibu. Setidaknya hal ini akan menjadi satu kekuatan positif menghadapi persalinan. Memilih tempat persalinan tidak hanya terkait “di mana” melainkan juga “siapa”, yakni siapa dokter/bidan yang akan menangani persalinan. Biasanya ibu hamil ingin tahu riwayat dokter/bidan yang akan membantunya melahirkan nantinya. Rekomendasi dalam memilih tempat persalinan sebaiknya mengacu pada lokasinya yang dekat dengan rumah, profesionalisme dokter/bidan, serta pelayanan dan fasilitas.

·  Persiapan mental
Selain kondisi fisik ibu yang harus maksimal, persiapan mental pun harus diperhatikan. Mental yang tenang akan memberikan kenyamanan ibu serta kelancaran dalam melahirkan. Dalam mempersiapkan mental yang baik, ibu bisa mencoba untuk membiasakan “ngobrol” dengan buah hati walaupun masih di dalam kandungan sebagai dukungan internal. Sedangkan dari eksternal bisa diberikan dari keluarga atau orang-orang terdekat berupa dukungan moril kepada ibu hamil. Pastikan suami memberikan kenyamanan ekstra menjelang istri melahirkan, berikan kekuatan pada istri, dan temani ia saat melahirkan. Persiapan sebelum melahirkan poin ini akan berdampak ganda pada ibu dan si kecil menjelang persalinan.

·  Mempersiapkan kebutuhan si kecil
Mempersiapkan kebutuhan si kecil akan menjadi pendamping persiapan sebelumnya. Dengan mempersiapkan hal ini, ibu akan lebih tenang karena kebutuhan sang buah hati telah tersedia.

·  Memperkaya informasi tentang merawat bayi
Sebagai penunjang, cobalah untuk memperkaya informasi tentang merawat bayi. Biasanya calon ibu muda masih belum memiliki pengalaman mengasuh si kecil, hal ini dapat mempengaruhi psikis ibu dalam menyambut si kecil nantinya.

Demikian informasi yang dapat kami terkait persiapan sebelum melahirkan. Tentunya persiapan yang tepat dan maksimal akan memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para calon ibu dalam melewati momen persalinan. Semoga bermanfaat. ^^
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar